PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIBRATOR GELOMBANG AC
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas dan penguasaan konsep sebelum dan sesudah pelatihan pembuatan vibraor gelombang AC serta untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan penguasaan konsep peserta didik kelas XII IPA MAN Majene. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk kreativitas dan penguasaan konsep sebelum pelatihan berada pada kategori rendah dan setelah pelatihan kreativitas dan penguasaan konsep berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh adanya peningkatan yang signifikan kreativitas dan penguasaan konsep melalui pelatihan pembuatan vibrator gelombang AC peserta didik kelas XII IPA MAN Majene.
Downloads
References
Ali, Sidin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar UNM
Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.
Endogia, 2004. Pengaruh umpan balik evaluasi formatif vol. I. No. I
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Solso L. Robert, dkk. 2007. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
SugiyonoSugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.