PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIBRATOR GELOMBANG AC

  • Santih Anggereni Anggereni Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Muhammmad Rais Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas dan penguasaan konsep sebelum dan sesudah pelatihan pembuatan vibraor gelombang AC serta untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan penguasaan konsep peserta didik kelas XII IPA MAN Majene. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk kreativitas dan penguasaan konsep sebelum pelatihan berada pada kategori rendah dan setelah pelatihan kreativitas dan penguasaan konsep berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh adanya peningkatan yang signifikan kreativitas dan penguasaan konsep melalui pelatihan pembuatan vibrator gelombang AC peserta didik kelas XII IPA MAN Majene.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Sidin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar UNM

Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.

Endogia, 2004. Pengaruh umpan balik evaluasi formatif vol. I. No. I

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Solso L. Robert, dkk. 2007. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

SugiyonoSugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2014-09-01
How to Cite
Anggereni, S. A., & Rais, M. (2014). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIBRATOR GELOMBANG AC. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(2), 31-33. https://doi.org/10.24252/jpf.v2i2.5322
Section
Articles
Abstract viewed = 384 times