VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Perangkat pembelajaran dibutuhkan sebagai sumber belajar agar kegiatan pembelajaran dapat memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran serta mendukung terwujudnya kreativitas dan keterampilan berpikir kritis. Penggunaan model pembelajaran dan pendekatan yang efektif akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dalam penelitian ini model pembelajaran generatif dan pendekatan open-ended problem dipandang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas perangkat pembelajaran Fisika SMA berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas isi, konstruk dan bahasa. Perangkat pembelajaran akan dinyatakan valid jika hasil penilaian para pakar dan praktisi menyatakan bahwa isi dan format perangkat pembelajaran mendukung pembelajaran dan komponen dalam perangkat pembelajaran konsisten serta menggunakan bahasa sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Didalam jurnal ini akan dititik beratkan membahas tentang uji validitas perangkat pembelajaran. Uji validitas dilakukan setelah tahap pendefenisian dan tahap perancangan selesai. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan peserta didik, analisis materi dan tujuan pembelajaran dan analisis tugas. Tahap perancangan dilakukan dengan merancang perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, handout, LKPD, dan penilaian. Selanjutnya pada uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Hasil penelitian tahap pendefinisian pada analisis kurikulum diperoleh KI dan KD 3.3, 4.1, dan 4.6. Analisis kebutuhan peserta didik diperoleh bahwa peserta didik kelas X telah mampu mengembangkan kemampuan berfikir abstrak. Analisis materi diperoleh materi kinematika gerak lurus. Hasil tahap perancangan diperoleh prototype perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP, handout, LKPD, dan penilaian. Pada tahap pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran Fisika berbasis model pembelajaran generatif dengan pendekatan open-ended problem yang memenuhi kriteria valid 91,18.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2008, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
Djamas, Djusmaini, dkk, 2013, Analisis Situasi Aktivitas Pembelajaran Fisika Kelas X Sman Kota Padang Dalam Rangka Pengembangan Keterampilan Dan Karakter Berpikir Kritis Siswa, Jurnal EKSAKTA Vol. 2 Tahun XIV Juli 2013
Ennis, Robert H, 2001, Critical Thinking Assessment, Theory into practice Volume 32, Number 3 copyright 2001, The Ohio State Univercity
Murni, 2013, Open-Ended Approach in Learning to Improve Students Thinking Skills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and Studies IJIRS ISSN: 2226-4817; EISSN: 2304-6953 Vol. 2, No.2 (April, 2013) 95-101 Indexing and Abstracting: Ulrich's - Global Serials Directory
Philips, Charles R, Chesnut, Renae, J, Rospond, Raylene M, 2004, The California Critical Thinking Instruments for Benchmarking, Program Assessment and Directing Curricular Change American, Journal of Pharmaceutical Education 68 (4) Article 101
Popil, Inna, 2010, Promotion of Critical Thinking by Using Case Studies as Teaching Method, Nurse Education Today, Elsevier Ltd. doi: 10.1016/j.nedt.2010.06.002
Rahmawati, Yeni, Harta, Idris, 2014, Keefektifan pendekatan open-ended dan CTL Ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif, Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 1, Nomor 1, Mei 2014
Riduwan, 2009, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Alfabeta, Bandung
Sanjaya, Wina, 2011, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta
Sastrini, Md, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ipa Siswa Sd Kelas V Gugus Iii Kecamatan Tejakula, e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Srianty, Samad, 2011, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas Xi Ipa3 Sma Negeri 1 Bungoro Melalui Model Pembelajaran Generatif, ISSN : JSPF Vol. 7 No. 1 April 2011 1858-330X
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung
Trianto, 2012, Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Jakarta
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.