MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diberi Reward and Punishment, sertaapakah pemberian Reward and Punishment dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket respon peserta didik, lembar aktivitas guru dan hasil tes belajar peserta didik.Nilai hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai 78,03 dimana diketahui nilai rata-rata tersebut masih di kriteria ketuntasan minimal sebesar 70. Namun presentase kelulusan klasikal hanya di peroleh 65,77 % dan masih dibawah ketuntasan klasikal penelitian sebesar 80%.Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 89,31 sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal diperoleh sebesar 97,14 % dan ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu lebih besar dari ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan data tersebut maka peneliti tidak melanjutkan ke siklus selanjutnya.
Downloads
References
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Arikunto, Suharsimi: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002
Arikunto, Suharsimi, dkk.: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksana, 2014.
Muliawan, Jasa Ungguh: Model pembelajaran spetakuler. Lampung: Ar Ruzz Media, 2016.
Purwanto, Ngalim: Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran: Penelitian Tindeakan Kelas Pengembangan Propesi Guru Edisi Revisi.Tira Smart, 2017.
Subagyo, Joko: Metode Pembelajaran dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Syukur, Freddy Faldi: Mendidik Dengan Tujuh Nilai Keajaiban. Bandung: Simbiosa Rekatama Media,2012.
Tafsir, Ahmad: Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.