PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS SOAL

  • Hading Hading UIN Alauddin Makassar
  • Saprin Saprin UIN Alauddin Makassar
  • Rosta Rosta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis soal  pada peserta didik yang diajar dengan model think pair share, mengetahui kemampuan menganalisis soal  pada peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan menganalisis soal pada peserta didik yang diajar dengan model think pair share dan yang diajar dengan metode konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only posttes only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA MAN 1 Bulukumba yang berjumlah 95 orang yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian berjumlah 15 pasang sampel yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik sampel pemadanan (matching). Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis peserta didik yang diajar dengan model think pair share sebesar 2,95 dan yang diajar dengan konvensional sebesar 2,10.  Berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 12,46  dan ttabel sebesar 2,05, sehingga thitung>ttabel hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menganalisis yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan model think pair share dan yang diajar dengan metode konvensional pada kelas X MAN 1 Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrie aryo, 2012.Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.

Arikunto, Suharsimi.2009.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, 2009.Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung : PT Refika Aditama.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kgnitif: Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung: PT Remaja Roesdakarya.

Oemar Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Anas, 2009.Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. 2010.Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2018-09-13
How to Cite
Hading, H., Saprin, S., & Rosta, R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS SOAL. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 76-80. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5897
Section
Articles
Abstract viewed = 219 times