PENGARUH STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 2 LEMBANG KAB. PINRANG

  • Rostina Rostina
  • Hading Hading UIN Alauddin Makassar

Abstract

Masalah penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen pada kelas VIII SMPN 2 Lembang Kab. Pinrang serta apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen pada kelas VIII SMPN 2 Lembang Kab. Pinrang. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 24 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata penguasaan konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang Kab. Pinrang setelah diajar melalui strategi Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen sebesar 69,167. Sedangkan skor rata-rata penguasaan konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lembang Kab. Pinrang sebelum diajar melalui strategi Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen sebesar 48,75. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar melalui strategi Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen lebih besar dibandingkan dengan sebelum diajar melalui strategi Group to Group Exchange Berbasis Eksperimen pada taraf nyata = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkanl, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Silberman, ML. 2009. Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung : Nusamedia.

Published
2018-09-01
How to Cite
Rostina, R., & Hading, H. (2018). PENGARUH STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 2 LEMBANG KAB. PINRANG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 116-119. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3418
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 172 times