PENGUASAAN KONSEP FISIKA DISERTAI VIDEO DENGAN MENUNGGUNAKAN MODEL INTERACTIVE DEMONSTRATION (LEVELS OF INQUIRY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenguasaan konsep (PK) siswa yang belajar dengan model interactive demonstration disertai video akan lebih tinggidaripada siswa yang belajar dengan model interactive demonstration tanpa disertai video. Skor PK dikumpulkan dengan mengujikan tes tertulis (posttest) materi suhu dan kalorkepada siswa yang belajar denganmodel interactive demonstration disertai videodan siswa yang belajar denganmodel interactive demonstrationtanpa disertai video. Skor tersebut diuji normalitasnya menggunakan uji Liliefors dan diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlet, lalu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Anava A dan uji tukey. Hasil penelitian diperolehpenguasaan konsep siswa yang belajar denganmodel interactive demonstration disertai video lebih tinggidaripada siswa yang belajar dengan model interactive demonstration tanpa disertai video. Sehingga model interactive demonstration disertai video berpengaruh terhadap PK siswa.Downloads
References
Budiningsih Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Lampiran III Permen No. 59 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk Kurikulum SMA Peminatan-IPA.
Murwani, R S. (2001). Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2011) . Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Southern Association of Colleges and Schools Comission on Colleges. 2014. Higher-order Skills in Critical and Creative Thinking. NC State University, (Online), (), diakses 18 November 2015.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkowo, B.T. (2010). Statistika sebagai Alat Analisis Data Penelitian. Malang: UM Press.
Surapranata, Sumarna. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas. Dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
'
Wenning, Carl, J. (2005). Minimizing Resistance to Inquiry-oriented ScienceInstruction : The Importance of Climate Setting, Journal of Physics TeacherEducation On Line., vol 3, no. 2, pp 10-15.
Wenning, Carl, J. 2010. Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Process, Journal of Physics Teacher Education On Line.vol 2, no. 3, pp. 1-10
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.