ANALISIS PENENTUAN STANDAR NILAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMAN 17 MAKASSAR
Abstract
Abstrak:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Bagaimana tingkat kompleksitas penentuan standar nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran fisika kelas XI pada SMAN 17 Makassar, 2) Bagaimana tingkat daya dukung penentuan standar nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran fisika kelas XI pada SMAN 17 Makassar, 3) Bagaimana tingkat intake penentuan standar nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran fisika kelas XI pada SMAN 17 Makassar, 4) Seberapa besar kesesuaian perhitungan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran fisika kelas XI yang diukur dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran fisika kelas XI yang ditetapkan SMAN 17 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Mix Methods dengan menggunakan desain metode campuran sekuensial/ bertahap (sequential mixed methods) terutama strategi eksplonatoris sekuensal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kompleksitas KKM mata pelajaran fisika kelas XI SMAN 17 Makassar dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 70, kriteria daya dukungnya dikategorikan tinggi dengan nilai 83 dan kriteria intakenya dikategorikan sedang dengan nilai 75. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis kuantitatif untuk penetuan standar nilai kriteria ketuntasan minimal menunjukkan adanya kesesuaian antara KKM yang ditetapkan sekolah dan KKM yang diukur oleh peneliti dengan persen beda sebesar 5%.
Abstract:
The purpose of this study was to find out: 1) What is the level of complexity in determining the minimum completeness criteria (KKM) grade XI physics subjects at SMAN 17 Makassar, 2) How does the level of carrying capacity determine the value standard of minimum completeness criteria (KKM) for grade XI physics subjects at SMAN 17 Makassar, 3) How does the intake level determine the minimum completeness criteria (KKM) grade XI physics subjects at SMAN 17 Makassar, 4) How much is the suitability of the calculation of the minimum completeness criteria (KKM) of the grade XI physics subjects measured and the minimum completeness criteria (KKM) of the grade XI physics subjects decided by SMAN 17 Makassar. This type of research is Mix Methods using sequential mixed methods design, especially sequential exploratory strategies. The results of qualitative research indicate that the criteria for the complexity of KKM physics subjects in class XI SMAN 17 Makassar are categorized as moderate with an average value of 70, the criteria for carrying capacity are categorized as high with 83 and the intake criteria are categorized as 75. Furthermore, based on the results of quantitative analysis the minimum standard of completeness criteria indicates that there is a match between the KKM determined by the school and the KKM measured by the researcher with a percent difference of 5%.
Downloads
References
Amirono, Daryanto dan. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Ardil, Mashadi, dan Sumardi. 2017. “Implementasi Manajemen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Nasional Al-Huda Pekanbaru.” Jurnal Manajemen Pendidikan 2(1).
Creswell, J. W. 2013. Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications, Incorporated.
Khaeruddin dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogjakarta: Pilar Media.
Musiyati. n.d. “optimalisasi Penggunaan Media Gambar dalam Peningkatan Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN 20 Cakranegara.” Jurnal Ganec Swara 13(1).
Sudrajat, AKhmad. 2008. “Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).” Diambil 3 Januari 2017 (http://akhmadsudrajat.files.wordpres.com/2008/08/penetapan-kkm.pdf).
Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistik Edisi Pertama. Edisi Pert. Makassar: State University of Makassar.
Wahyuni, Sri, Desi Areva, dan Lovelly Dwinda Dahen. 2015. “Proses penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Se Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.” Jurnal IPTEKS Terapan Research of Applied Science and Education V8.i3.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.