PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah fisika siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik. Model penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design with non-equivalent, serta sampel penelitian yaitu 60 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Bandarlampung dipilih dengan teknik stratified random sampling. Pengaruh model CPS dapat dilihat dari hasil analisis n-gain, hasil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah siswa pada kedua kelas dengan rata-rata kemampuan kreatif berbeda mengalami peningkatan berkategori sedang dengan n-gain kelas A sebesar 0,39 dan kelas B seebesar 0,47 serta pengaruh CPS dapat dilihat dari hasil analisis effect size sebesar 0,50 yang berkategori rata-rata.Downloads
Download data is not yet available.
References
Asikin, M., & Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA kelas X. Lembaran Ilmu Pendidikan, Vol. 30, No. 1, 37-42.
Busyairi, A., & Sinaga, P. 2015. Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 20, No. 2, 133-143.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education. (six edition). New York: Routledge.
Hake, R.R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference; Boise, Idaho.
Hariawan, Kamaludin, & Wahyono, U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA N 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 1, No. 2, 48-53.
Harlen. 1992. Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.
Hartono. 2004. Pengembangan Model Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa SMU. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20, No. 1, 12-26.
Jauk, & Emilia. 2013. The Relationship Between Intelligence and Creativity: New 2019. Support For The Threshold Hypnothesis by Means of Empirical. Vol. 1, No. 41, 212-221.
Mumford, et al. 1994. Problem Finding, Problem Solving, And Creativity. Green Wood Publishing.
Nur, I., & Hernik, P. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Procceding Biology Education Conference, Vol.. 14, No. 1, 540-544.
Ruseffendi, E. T., dkk. 1991. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Setiawan, H., R., & Harta, I. 2014. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2, 240-241.
Siswono, E.,Y., T. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 10, No. 1, 1-9.
Steiner. 2009. Collaborative Creative Problem Solving for Inovation Generation. Journal of Businessand Management, Vol. 15, No. 1, 5-33.
Sugandi,A.I (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.
Taher, M., dan Abtaria,Y. 2017. Efektifitas Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Melatih Literasi Teknologi Siswa. Gravity, Vol. 3, No. 2, 148-157.
Torrance, E. P. (1974). Test of creative Thinking. Lexington. Ginn.
Treffinger, D.J., Isaksen, S.G. & Dorval, K.B.S., 2005. Creative Problem Solving, An Introduction 4 th Editi. L. Elwood, ed., Waco, Texas: Prufrock Press Inc
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan ABAD Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan.
Busyairi, A., & Sinaga, P. 2015. Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 20, No. 2, 133-143.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education. (six edition). New York: Routledge.
Hake, R.R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference; Boise, Idaho.
Hariawan, Kamaludin, & Wahyono, U. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA N 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 1, No. 2, 48-53.
Harlen. 1992. Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page.
Hartono. 2004. Pengembangan Model Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah bagi Siswa SMU. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20, No. 1, 12-26.
Jauk, & Emilia. 2013. The Relationship Between Intelligence and Creativity: New 2019. Support For The Threshold Hypnothesis by Means of Empirical. Vol. 1, No. 41, 212-221.
Mumford, et al. 1994. Problem Finding, Problem Solving, And Creativity. Green Wood Publishing.
Nur, I., & Hernik, P. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Procceding Biology Education Conference, Vol.. 14, No. 1, 540-544.
Ruseffendi, E. T., dkk. 1991. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Setiawan, H., R., & Harta, I. 2014. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2, 240-241.
Siswono, E.,Y., T. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol. 10, No. 1, 1-9.
Steiner. 2009. Collaborative Creative Problem Solving for Inovation Generation. Journal of Businessand Management, Vol. 15, No. 1, 5-33.
Sugandi,A.I (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.
Taher, M., dan Abtaria,Y. 2017. Efektifitas Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Melatih Literasi Teknologi Siswa. Gravity, Vol. 3, No. 2, 148-157.
Torrance, E. P. (1974). Test of creative Thinking. Lexington. Ginn.
Treffinger, D.J., Isaksen, S.G. & Dorval, K.B.S., 2005. Creative Problem Solving, An Introduction 4 th Editi. L. Elwood, ed., Waco, Texas: Prufrock Press Inc
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan ABAD Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan.
Published
2019-09-13
How to Cite
Putri, C. S., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2019). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 149-155. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/8698
Section
Articles
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.