PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Debby Damayanti Sinaga Univesitas Lampung
    (ID)
  • I Dewa Putu Nyeneng Universitas Lampung
    (ID)
  • Kartini Herlina Universitas Lampung
    (ID)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Predict- Observe -Explain pada materi tekanan dalam zat cair untuk meningkatkan keterampilan sains siswa yang tervalidasi oleh ahli dan praktisi, menarik, bermanfaat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) Berdasarkan hasil validitas uji ahli materi dan uji ahli desain dengan skor rata-rata yaitu 3,34 dan 3,56 dari skor maksimum 4 dengan kategori sangat sesuai digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji kemenarikan diperoleh skor rata-rata 3,54 dengan kategori sangat menarik,hasil uji kemudahan dengan skor rata-rata 3,57 kategori sangat mudah dan kemanfaatan LKPD Berbasis Predict- Observe -Explain pada Materi Tekanan dalam Zat Cair dengan skor rata-rata 3,72 kategori sangat bermanfaat dari masing-masing skor maksimum 4. Simpulan dari hasil penelitian ini dihasilkannya LKPD berbasis POE untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang tervalidasi, dan layak untuk meningkatkan keterampilan sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Debby Damayanti Sinaga, Univesitas Lampung
UNIVERSITAS LAMPUNG
I Dewa Putu Nyeneng, Universitas Lampung
Universitas Lampung
Kartini Herlina, Universitas Lampung
Universitas Lampung

References

Dick, Walter, Low Carey & Carey, James O. (2009). The systematic design of instruction, six edition. New York: Person.

Falah,Sarifatul.2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinami Berbasis POE (Predict Observe Explain) untuk meningkatkan penalaran dan pemahaman konsep siswa. Unnes Physics Education Journal. Semarang :Universitas Semarang.

Jannah, i. 2013. Pengembangan LKS berbasis POE pada Materi Pengelolaan Lingkungan pada SMP negeri 3 Way Lahan. Jurnal Pembelajaran IPA: Universitas Negeri Semarang.

Kosasih, E. (2014) Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Mulitmedia-Based Instructional Design: Computer Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions (2nd ed.). San Fransisco: Pfeiffer.

Mukrima, M., & Dani, A. U. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Metode Siklus Belajar Karplus. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 6-9.

Permendikbud. 2014. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama, (Online), (https://mintotulus.files.wordpress. com/2012/04/ permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf, diunduh 10 Februari 2018).

Pendidikan (2nd ed.). Surabaya: Unesa University Press.

Resita, Isni. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif

dan RND). Bandung: Alfabeta.

Wati, Rosita.2015. Pengembangan LKS berbasis Incuiry terbimbing untuk pembelajaran fluiditas statis di SMA Negeri 1 Kota Agung. Jurnal Pembelajaran Fisiska. Vol 3 (2), 99-109.

Yupani, N., Garminah, N. & Mahadewi, L.

Pengaruh Model Pembelajaran Predict- Observe- Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas I

Published
2019-08-30
How to Cite
Sinaga, D. D., Putu Nyeneng, I. D., & Herlina, K. (2019). PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 103-108. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9756
Section
Articles
Abstract viewed = 325 times