Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar

  • Zainal Abidin
  • Sitti Mania
  • Andi Kusumayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 17 Makasssar pada materi bentuk dan operasi aljabar untuk mengetahui penyebab miskonsepsi siswa kelas VII 2 SMP Negeri 17 Makasssar pada materi bentuk dan operari aljabar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah miskonsepsi materi aljabar yang dialami oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri 17 Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes diagnostik three tier test, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) display data, 3) kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil three tier-test yang diberikan kepada siswa kelas VII 2, teridentifikasi siswa mengalami miskonsepsi pada materi aljabar dengan persentase 33% dari 30 siswa. Miskonsepsi mayoritas terjadi pada semua materi aljabar yaitu konsep aljabar, unsur-unsur aljabar, operasi penjumlahan, operasi pengurangan, operasi perkalian dan operasi pembagian, 2) faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa kelas VII 2 SMP Negeri 17 Makassar adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep aljabar secara menyeluruh, kurangnya minat belajar siswa, dan metode yang digunakan oleh guru yaitu metode ceramah sehingga membuat siswa kesulitan memahami materi aljabar dan prakonsep praaljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Herutomo, R. (2017). Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran. J. Basication J. Pendidik. Dasar, Vol. 1, No. November, pp. 1-8.

Kamilah, D.S & Suwarna, I.P. (2016) Pengembangan Three0Tier Test Digital untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis, Edusains, Vol. 8, No. 2, pp. 212-220.

Kirbulut, Z.D & Geban O. (2014). Using Three-Tier Diagnostic Test to Assess Students’ Misconceptions of States of Matter, Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ, Vol. 10, No. 5, pp 509-521.

Liliawati, W. & Ramalis, T.R. (2009). Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan menggunakan CRI (Certainty of Respons Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA pada KTSP, Pros. Semin. Nas. Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, pp. 159-168.

Natalia, K dkk. (2016). Miskonsepsi pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Keas VIII berdasarkan Proses Berpikir Mason, J. Pendidik – Teor, Penelitian, dan Pengemb., Vol. 1, No. 10, pp 1917-1925.

Nurulwati. (2014). Suatu Tinjauan tentang Jenis-Jenis. Vol. 02, No. 01, pp. 87-95.

Ramadhani, W.H, Hartoyo, A, & Mirza, A. (2015). Miskonsepsi Siswa pada Materi Operasi pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 4. No. 1.

Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. Mapan J. mat. Dan Pembelajaran, Vol 3, No 2, pp. 194-209.

Savitri, M.E., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Pecahan dalam Bentuk Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 4, No. 4. pp. 401-413.

Silviani, Y.K.R & Mulyani, R. (2017) Penerapan Three Tier-Test untuk Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada materi Magnet, Vol. 2, No. 1, pp. 10-11.

Stein, M., T.g Larrabee, & C.R. Barman. (2013). A Study of Common Beliefs and Misconceptions in Physical Science, J. Elem Sci. Educ, Vol. 20, No. 2, pp. 1-11.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.

Thompson, F. (2015). An Exploration of Common Student Misconceptions in Science Fiona, Procedia-Soc. Behav. Sci., Vol. 143, No. 4, pp. 693-697.

Published
2019-04-29
How to Cite
Abidin, Zainal, Sitti Mania, and Andi Kusumayanti. 2019. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar”. Alauddin Journal of Mathematics Education 1 (1), 19-25. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10930.
Section
Vol. 1 No. 1
Abstract viewed = 995 times