Pengembangan Media Pembelajaran GES-Math Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) MTsN

  • Nur Rahmah UIN Alauddin
    (ID)
  • Jusmawati Jusmawati Universitas Megarezky
    (ID)
  • Nur Aminah UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran GES-Math berbasis android pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV), dan untuk mengetahui kevalidan, keefektivan, dan kepraktisan media pembelajaran tersebut dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengambangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu 4D (Four D Models) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, meliputi: define, design, develop, dan desseminate. Media pembelajaran GES-Math berbasis android ini dikembangkan dengan bantuan aplikasi articulate storyline. Adapun subjek penelitian ini yaitu MTsN Gowa. Uji coba media pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba skala kecil yang diikuti oleh 6 orang peserta didik dari kelas VIII2 dan uji coba skala besar yang diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas VIII2.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media oleh validator, tes hasil belajar (THB), dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi diperoleh rata-rata sebesar 4 (sangat valid). Sedangkan hasil analisis angket respon peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,9 (sangat praktis). Sementara itu, rata-rata tes hasil belajar yang diperoleh sebesar 86 berarti produk yang dihasilkan sudah layak digunakan karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MatchSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.322.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada.

Borba, M. C., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidis, G., Llinares, S., & Aguilar, M. S. (2016). Blended Learning, E-Learning and Mobile Learning in Mathematics Education. ZDM Mathematics Education, 48, 589–610. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0798-4.

Darmawan, D. (2015). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gan, L., & Gao, Y. (2017). Influence of Mobile Application on University Student’s Psychological Health Education. EURASIA J Math Sci Tech Ed, 13(10), 6973–6978. https://doi.org/10.12973/ejmste/78710.

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Tepadu. Yogyakarta: Familia.

Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pratama, R. A. (2018). Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. Jurnal Dimensi, 7(1). https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interkatif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Negara Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 5(1). https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Riyanto, W. D., & Gunarhadi. (2017). The Effectiveness of Interaktive Multimedia in Mathematic Learning (Utilizing Power points for Students with Learning Disability). International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 1(1), 55–63. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/ijpte/article/view/8400/8772.

Uno, H. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiana, W. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation: A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. Journal of Physics: Conference Series, 953. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024.

Widodo, C., & Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Wulandari, T. Y. J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi MAcromedia Flash 8.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Swasta Dwitanggul Tanjung Morawa (Tesis). Universitas Negeri Medan.

Yaumi, M. (2017). Belajar & Mengajar dengan Media & Teknologi. Watampone: Syahadah.

Published
2021-05-29
How to Cite
Rahmah, Nur, Jusmawati Jusmawati, and Nur Aminah. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran GES-Math Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) MTsN”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 38-52. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.21184.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 567 times