Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan menggunkan desain penelitian nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berupa tes menggunakan soal esai sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua dari kelompok, yaitu pretest kelas kontrol sebesar 32,3 dan posttest sebesar 70,3 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 33,5 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 76,17. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung = 2,58 > ttabel = 1,67 (thitung > ttabel). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning dengan kelas yang tanpa menggunakan pendekatan Brain Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan Brain Based Learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,68 < 1).
Downloads
References
Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif melalui Hypnoteaching. Ekspose Jurnal, 16(2), 469–480.
Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Peljaran Matematika. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Yogyakarta: Pustaka Belajar Cet. I.
Nilla Sariana. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 5(2), 82–88. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/ view/3207
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cet. VIII). Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D (Cet. XII). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Model Penelitian Pendidikan (Cet. 16). Bandung: Alfabeta.
Sukarya. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. Magister Pendidikan Matematika, Universitas Terbuka.
Yusuf Pratitis, Y. (2017). Strategi Brain Based Learning dalam Pengajaran Bahasa Jepang di MAN Mojokerto. Paramasastra Jurnal, 4(0), 98–118.