Analisis Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kesulitan serta daya pembeda soal matematika saat Ujian Akhir Semester genap khususnya kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa di kelas VIII menjadi subyek dari penelitian ini yang jumlahnya 131 orang. Soal yang digunakan berbentuk uraian. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi agar diperoleh daftar nama , soal sekaligus kunci jawaban, serta seluruh lembar jawaban peserta didik. Data diolah menggunakan aplikasi komputer, yaitu Anates 4.0.5. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Anates V. 4.0.5 pada soal matematika UAS di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur diperoleh soal yang termasuk sukar berjumlah 3 soal (30%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 5 soal (50%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 2 soal (20%). Soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 1 soal (10%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 3 soal (30%), soal dengan daya pembeda baik sebanyak 6 soal (60%), dan tidak ada soal dengan daya beda yang baik sekali (0%). Soal yang memiliki daya pembeda yang baik diterima, soal yang memiliki daya pembeda cukup diperbaiki, dan soal yang memiliki daya pembeda yang jelek tidak digunakan. Dengan demikian secara keseluruhan soal matematika yang diujikan pada ulangan akhir semester genap di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur telah cukup baik.
Downloads
References
Agustiana, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(1), 26–35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203
Boothpathiraj, C., & Chellamani, D. K. (2013). Analysis of Test Items on Difficulty Level and Discrimination Index in the Test for Research in Education. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(2). http://indianresearchjournals.com/pdf/IJSSIR/2013/February/15.pdf
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Febriani, I. M., & Saksono, L. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. E-JURNAL UNESA, 5(2).
Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249.
Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes dan Non Tes dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SMP/MTs Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 503–506. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362.
Mansyur. (2015). Asesmen Pembelajaran di Sekolah (I). Multi Pressindo.
Novianti, N. & Siburian T. A. (2017). Telaah Soal dan Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Swasta Mulia Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 6(3). https://doi.org/10.24114/kjb.v6i3.10830.
Nur, F., Fitria, Latuconsina, N. K., Mattoliang, L. A., & Majid, A. F. (2020). Kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru Matematika Kurikulum 2013. Idaarah : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 100–110. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13602.
Pasi, S. N., & Yusrizal. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 6(2), 195–202. http://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11666.
Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang Penilaian Autentik (I. K. Olianto (ed.). CV. Media Educations.
Rahmayanti, E., Jamil, T., & Jaya, A. S. F. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran Soal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah Masiswa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–6. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/article/view/16049.
Riani, D., & Almujab, S. (2020). Analisis Butir Soal dan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Nasional pada Mata Pelajaran Ekonomi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 70–79. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v4i1.2425.
Romadhon, I. F. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran Soal-Soal Olimpiade Bahasa Arab Pekan Arabi Nasional 2019 Universitas Negeri Malang. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/636.
Simbolon, K. (2020). Tidak Ada Kesesuaian Tingkat Kesukaran Soal Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Soal Ujian Nasional.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.
Widoyoko, E. P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.