Analisis Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMP

  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-8944-1974
  • Sitti Mania UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsul Alam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Kusumayanti UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan kesulitan serta daya pembeda soal matematika saat Ujian Akhir Semester genap khususnya kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Siswa di kelas VIII menjadi subyek dari penelitian ini yang jumlahnya 131 orang. Soal yang digunakan berbentuk uraian. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi agar diperoleh daftar nama , soal sekaligus kunci jawaban, serta seluruh lembar jawaban peserta didik. Data diolah menggunakan aplikasi komputer, yaitu Anates 4.0.5. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Anates V. 4.0.5 pada soal matematika UAS di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur diperoleh soal yang termasuk sukar berjumlah 3 soal (30%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 5 soal (50%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 2 soal (20%). Soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 1 soal (10%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 3 soal (30%), soal dengan daya pembeda baik sebanyak 6 soal (60%), dan tidak ada soal dengan daya beda yang baik sekali (0%). Soal yang memiliki daya pembeda yang baik diterima, soal yang memiliki daya pembeda cukup diperbaiki, dan soal yang memiliki daya pembeda yang jelek tidak digunakan. Dengan demikian secara keseluruhan soal matematika yang diujikan pada ulangan akhir semester genap di kelas VIII SMPN 1 Sinjai timur telah cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andi Dian Angriani, UIN Alauddin Makassar
<html>
 <head>
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="https://www.dropbox.com/s/trsldt0me90jzs8/resume.css"/>
<title></title>
</head>
<body>
<div id="header">
<p id="name"><strong>ANDI DIAN ANGRIANI</strong></p>
         <a href="mailto:[email protected]"</p></a>
     </div>
     <div class="left">
     </div>
     <div class="right">
            <h3><strong>DECRIPTION</strong></h3>
                <li>Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar</li>
                <li>Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar</li>
        <li>I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
            I interest to Mathematics Education, Geometry, Mathematics Computation, and Statistical Computation. My research about mathematics education.
            </ul>
            <p id="job-responsibilities"><strong>EXPERIENCE</strong></p>
            <p>
            <ul>
                <li>USAID PRIORITAS, as LPTK Facilitator, 2013-2017</li>
        <li>Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang</li>
        <li>Tim Pengelola MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang</li>
            </p>
            </ul>    
        <h3><strong>CERTIFICATIONS / AWARDS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
                <li>Fasilitator Pelatihan dalam Pelaksanaan Program USAID PRIORITAS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Indonesia</li>
        <h3><strong>EVENTS AND WORKSHOPS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pedagogy SMP/MTs Untuk Dosen LPTK, 2013</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Training TTI Pedagogy Lecturers in Curricula & Materials (Literacy, Math, and Science), 2014</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih -Tingkat Provinsi II Praktik yang Baik dalam Pembelajaran dan Manajemen SMP dan MTs, 2014</li>
        <li>Resource Person dalam Kegiatan Workshop 1, 2, & 3 Developing Teacher Training Curricula and Materials-Primary Mathematics, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-1 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-2 dan ke-3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tentang Buku Sumber untuk Dosen LPTK: “Pembelajaran Literasi SD/MI dan SMP/MTs, IPA SD/MI, Matematika SD/MI”, 2015</li>
        <li>Support Dissemination in TTIs; Training Pedagogy Lectures & TTI Partner School Secondary (Modul 1&2), 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tingkat Provinsi III untuk Pelatih: Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Orientasi Peningkatan Keterampilan Dasar dan Teknik Instruksional (PEKERTI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan I, 2015</li>
        <li>Fasilitator dalam Kegiatan Pelatihan Modul III - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs bagi Sekolah Lab dan Mitra LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Sosialisasi Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi SD/MI: Bahan Rujukan bagi LPTK, 2016</li>
        <li>Narasumber dalam kegiatan Lokakarya Nasional Adaptasi Modul Sekolah Praktik yang Baik: Pembelajaran Matematika dan IPA untuk SD/MI dan SMP/MTs, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Seminar dan Lokakarya “Penataan  Kinerja Akademik Dosen” FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Pengembangan Modul Pelatihan Tingkat SD/MI bagi Dosen LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Guru Pamong untuk meningkatkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa LPTK (SD/MI), 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Terpublikasi EBSCO dan SCOPUS, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pengenalan Statistika Deskriptif dengan R, 2017</li>
        <li>Narasumber Pembekalan PPL Mahasiswa Angkatan IV FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
        <li>Peserta dalam Kegiatan Workshop Open Journal System (OJS), 2017</li>
    <ul>
    </p>
                </div>
     <div id="footer"></div>
    </body>
</html>

References

Agustiana, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(1), 26–35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203

Boothpathiraj, C., & Chellamani, D. K. (2013). Analysis of Test Items on Difficulty Level and Discrimination Index in the Test for Research in Education. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(2). http://indianresearchjournals.com/pdf/IJSSIR/2013/February/15.pdf

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Febriani, I. M., & Saksono, L. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Jerman Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Maospati Tahun Pelajaran 2015/2016. E-JURNAL UNESA, 5(2).

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249.

Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. (2017). Pengembangan Instrumen Tes dan Non Tes dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SMP/MTs Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 503–506. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362.

Mansyur. (2015). Asesmen Pembelajaran di Sekolah (I). Multi Pressindo.

Novianti, N. & Siburian T. A. (2017). Telaah Soal dan Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Swasta Mulia Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 6(3). https://doi.org/10.24114/kjb.v6i3.10830.

Nur, F., Fitria, Latuconsina, N. K., Mattoliang, L. A., & Majid, A. F. (2020). Kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru Matematika Kurikulum 2013. Idaarah : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 100–110. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13602.

Pasi, S. N., & Yusrizal. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTsN di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa, 6(2), 195–202. http://jurnal.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11666.

Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang Penilaian Autentik (I. K. Olianto (ed.). CV. Media Educations.

Rahmayanti, E., Jamil, T., & Jaya, A. S. F. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran Soal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah Masiswa Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–6. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/article/view/16049.

Riani, D., & Almujab, S. (2020). Analisis Butir Soal dan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Soal Ujian Nasional pada Mata Pelajaran Ekonomi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 70–79. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v4i1.2425.

Romadhon, I. F. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran Soal-Soal Olimpiade Bahasa Arab Pekan Arabi Nasional 2019 Universitas Negeri Malang. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/636.

Simbolon, K. (2020). Tidak Ada Kesesuaian Tingkat Kesukaran Soal Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Soal Ujian Nasional.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.

Widoyoko, E. P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Published
2021-03-25
How to Cite
Angriani, Andi Dian, Sitti Mania, Syamsul Alam, Muhammad Rusydi Rasyid, and Andi Kusumayanti. 2021. “Analisis Soal Ujian Akhir Semester Matematika SMP”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (1), 1-11. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i1.20071.
Section
Vol. 3 No. 1
Abstract viewed = 460 times