Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • Suci Risdayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Pola Asuh

Abstrak

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika  siswa kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba, (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba, dan (3) untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan hasil belajar matematika secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian causal comparative research atau yang sering disebut penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bulukumba dengan sampel penelitian yakni siswa kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba yang berjumlah 105 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket pola asuh orang tua dan angket disiplin belajar.  Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana dan berganda. Selanjutnya, beradasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) pola asuh demokratis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba, (2) disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba, dan (3) pola asuh demokratis dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Bulukumba.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 35–36. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534

Adjie, N., & Maulana. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. UPI Press.

Arifin, S. (2018). Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.121

Ikmawati. (2020). Pengaruh Disiplin dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMK Negeri dan Swasta. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.250

Nisa’, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran matematika peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nurhandayani, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas PGRI.

Pada, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 375–386. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20912

Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 1(2), 237–249. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/58

Rahardja, U. T., & Sulo, L. (1994). Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta.

Ruseffendi. (1990). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Tarsito.

Rusni, & Agustan. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Sadulloh. (2014). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta Press.

Saefullah. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. CV. Pustaka Setia.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak edisi ketujuh. Erlangga.

Sari, W. P. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Gondang Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sholikhah, M. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Soedijarto. (2003). Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Balai Pustaka.

Trianto. (2010). Model pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Wulan, N. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Swasta Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Wulansari, M. (2014). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Lingkungan Sekolah dengan Kecerdasan Emosional Anak Siswa SD Kelas V Keceme I, SLeman, Kabupaten Sleman Tahun 2013. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulina. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Cara Belajar, Disiplin Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Lampung.

Diterbitkan
2022-05-31
Bagian
Vol. 4 No. 1
Abstrak viewed = 279 times