Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dan tipe jigsaw pada kelas XI SMA Negeri 5 Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Jeneponto yang berjumlah 158 peserta didik terdiri atas kelas XI1 sampai dengan kelas XI4. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI1 sebagai kelas eksperimen1 sedangkan XI2 sebagai kelas eksperimen2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dengan tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas XI SMA Negeri 5 Jeneponto dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya.Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Felder, R.M, Learning and teaching styles in engineering Of Education (Eng Education: 1998): h. 674-681.
Fuad, I. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Statistik. Jakarta: BumiAksara.
Nursalam. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika. Makassar: Alauddin University Pess.
Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Setiawan Santosa, Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII B Smp N 8 Pekalongan Pada Materi Pokok Segitiga, (Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Semarang, 2008), h. 39-40.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-ruzz Media.
Suprijadi, D. (2010). Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Daarussalaam Jakarta, Vol. 3,No. 2. Jakarta: Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI.
Yusuf, M.T. (2013). Teori Belajar Dalam Praktek. Makassar: Alauddin University Press.