Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Media Macromedia Flash dan Media Powerpoint dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray

  • Lisnasari Andi Mattoliang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Paridah Khidayati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan media macromedia flash dan powerpoint dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental dan desain penelitian non equivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik sampling jenuh dengan memilih keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray media macromedia flash berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 51,8%, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray media powerpoint berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 48,1%, dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan media macromedia flash lebih efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Tanete Riaja dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan media powerpoint.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fitriani Nur, Scopus ID: 57205056050, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=WyLoglwAAAAJ&hl=id

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6054313&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2013 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang

References

Abdullah, B. M. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Handayani, M., Mukhni, & Mirna. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56–60.

Juwita, G. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Microsoft Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Segitiga dan Segiempat (Studi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Lestari, I., & Khaeriyah, S. L. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa antara Media Pembelajaran Macromedia Flash dan Powerpoint. Math Didaktic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 210–219.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Reflika Aditama.

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Biolokus, 1(2), 117–122. https://doi. org/10.30821/biolokus.v1i2.352

Ressefendi, E. T. (1991). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.

Rusmana, I. M., & Isnaningrum, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.30998/ formatif.v2i3.102

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Published
2020-05-31
How to Cite
Mattoliang, Lisnasari Andi, Paridah Khidayati, Fitriani Nur, and Muhammad Rusydi Rasyid. 2020. “Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Antara Media Macromedia Flash Dan Media Powerpoint Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 42-52. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.12430.
Section
Artikel
Abstract viewed = 256 times