Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dan Think Pair Share Terhadap Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa

  • Nidya Nina Ichiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Aprimayanti Aprimayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan penerapan metode pebelajaran make a match dan think pair share terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah kurang lebih 352 siswa, Adapun sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas dimana setiap kelasnya berjumlah 32 siswa. Kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII A sebanyak 32 siswa dan kelas VII B sebanyak 32 siswa sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar serta angket untuk mengukur minat belajar siswa. Instrumen terdiri 5 butir soal uraian yang disusun berdasarkan indikator dari kompetensi dasar yang diajarkan serta angket yang terdiri dari 20 butir pernyataan yang disusun berdasarkan indikator dari minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji t multivariat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan secara simultan antara hasil belajar dan minat belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran make a match dan think pair share pada siswa kelas VII SMPN 3 Sungguminasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S., & dkk. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran (Cet. I). Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Fidrayani, & Fauzia, N. (2017). The Implementation of Think Pair Share on Learning Outcomes and Self-Efficacy in Fourth in Fourth Grade SD Muhammadiyah 12 Pamulang. International Conferences in Education in Muslim Society.

Hartini, F. (2018). Perbandingan Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Guppi Samata Kabupaten Gowa. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ismail, M. I. (2012). Orientasi Baru dalam Ilmu Pendidikan (Cet. I). Makassar: Alauddin University Press.

Jurniantari, I. G. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas I Semester I di SD Negeri 4 Pertima Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dasar.

Nurjanna, F. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Jigsaw pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VIII Mts Al-Fauzan Aek Paing Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sumatera Utara.

Purwanto, S. T., & Harini, E. (2016). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Tipe Make a Match. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika.

Ricardo, & Melani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran (Cet. I). Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Subkhi, W. (2018). Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Metode Think Pair Share Materi SPLTV pada Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.

Published
2020-05-31
How to Cite
Ichiana, Nidya Nina, Sitti Mania, and Aprimayanti Aprimayanti. 2020. “Komparasi Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 22-30. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13358.
Section
Artikel
Abstract viewed = 369 times