Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share (TPS) dan Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment serta desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji beda rata-rata multivariat. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan two stay-two stray memberikan efek terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Namun model pembelajaran TS-TS memberikan efek yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran TPS.Downloads
References
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bondan. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Eddy, E. E., Musdi, E., & Mirna. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TS-TS terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1).
Fadzillah, N. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Harahap, A., & Suryab, E. (2017). Application of Cooperative Learning Model with Type Two Stay Two Stray to Improve Results Of Mathematic Teaching. International Journal of Sciences, 33(2).
Hidayat, A. S. (2013). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Koperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Keaktifan Belajar dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. UIN SUNAN KALIJAGA.
Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husna. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(1).
Mardodo, B., & Sujadi, I. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share dan Learning Together dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5).
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Saraswati, I., Soedjoko, E., & Susilo, B. (2012). Penerapan Pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). Retrieved from https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.258
Suci, A. A. W., & Rosyidin, A. H. (2012). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Solving Berkelompok. Mahasiswa UNESA, 1(2).
Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect Of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal Of Learning & Development, 4(2).
Sutrisno, D., & Retnawati, H. (2015). Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dengan Two Stay Two Stray. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).