Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)

  • Asrah Asrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulasteri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan, 1) motivasi dan hasil belajar matematika siswa, 2) meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, 3) hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket motivasi belajar matematika, dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh, 1) tingkat aktivitas guru dan siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 71,6%; 74,80%; 80,30%; dan 39,77%; 42,50%; 61,50%, 2) rata-rata skor motivasi belajar matematika pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu: 64,00; 73,44; 99,2; 116,48, 3) rata-rata skor hasil belajar matematika pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 48,2; 54,0; 63,4; 72,2. Jadi, disimpulkan bahwa proses penerapan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), 1) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa terpenuhi pada siklus III, 2) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, 3) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Agnes, P., & Omoniyi Mathew, O. (2019). Does Math- Anxiety Affect Senior School Students ’ Mathematics Performance ? Evidence From Ekiti State ,. 4(2).

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Asrori. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Yogyakarta: Multi Press.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2).

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni.

Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 17–22.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Ismail, I. (2012). Orientasi Baru Dalam Dunia Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.

Malik, O. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Algesindo.

Setyono, T., Eka, L., & Deswita, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 1–10.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Skemp, R. R. (1986). The Psychology of Learning Mathematics. The Mathematical Gazette, Vol. 70, p. 312. https://doi.org/10.2307/3616203

Slavin. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N., & Rifai, A. (2006). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryabarata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Umami, F. (2010). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Konstekstual Berbasis Lesson Study pada Materi Bangun Ruang Lengkung Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas IX MTs Negeri Kabupaten Madiun. Jurnal Internasional Prodi Magister Pendidikan Matematika, 2(11).

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-05-31
How to Cite
Asrah, Asrah, Andi Halimah, and Sri Sulasteri. 2020. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 10-21. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13642.
Section
Artikel
Abstract viewed = 224 times