Efektivitas Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba yang berjumlah 216 orang dan sampelnya adalah kelas VIIIA kelas eksperimen dan kelas VIIIG kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dengan menggunakan soal isian sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, yakni menggunakan independent sample t-test. Hasil belajar matematika pada kelas kontrol tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 34,58 dan nilai rata–rata posttest sebesar 72,23, sedangkan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 33,77 dan rata-rata posttest sebesar 77,85. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, yakni independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan yang diajar tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba.
Downloads
References
Akhyak. (2005). Profil Pendidik Sukses. Surabaya: elKAF.
Altun, S. (2015). The Effect of Cooperative Learning on Students’ Achievement and Views on the Scienceand Technology Course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451–468. Retrieved from https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/91
Arifin, A. (2003). Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: DEPAG RI.
Arifin, M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam (Cet. 1). Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuningtyas, C. D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode The Power Of Two dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale. Jurnal Ilmiah Seminar Nasional, 2(2).
Damanik, E. N., Syahputra, E., & Yus, A. (2019). The Effect of Cooperative Learning and Learning Motivation on Mathematical Learning Outcomes. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-19/125928479
Danaryanti, A., & Julianti. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 194–201. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2. 613
Djamarah, Bahri, S., & Aswani. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatmawati, Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kepenuhan Hulu. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 1(1). Retrieved from http://e-journal.upp .ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/261
Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3). https://doi.org/10.14221/ ajte.2016v41n3.3
Girsang, F. B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jerman melalui Penerapan Model Pembelajaran Power of Two. Jurnal Pena Edukasi, 6(1), 59–66.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok (Cet. V). Bandung: Pustaka Pelajar.
Ramadhana, N., Ibrahim, M., & Agustini, R. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan The Power Of Two Pada Konsep Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungguminasa Makassar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(1), 452–458. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p452-458
Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. Retrieved from http:// ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3967
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.