Efektivitas Pembelajaran The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Muhammad Ardi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Khalisah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-8944-1974
  • Andi Kusumayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba yang berjumlah 216 orang dan sampelnya adalah kelas VIIIA kelas eksperimen dan kelas VIIIG kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dengan menggunakan soal isian sebanyak 5 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, yakni menggunakan independent sample t-test. Hasil belajar matematika pada kelas kontrol tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 34,58 dan nilai rata–rata posttest sebesar 72,23, sedangkan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two nilai rata-rata pretest adalah 33,77 dan rata-rata posttest sebesar 77,85. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, yakni independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan yang diajar tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
<html>
 <head>
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="https://www.dropbox.com/s/trsldt0me90jzs8/resume.css"/>
<title></title>
</head>
<body>
<div id="header">
<p id="name"><strong>ANDI DIAN ANGRIANI</strong></p>
         <a href="mailto:[email protected]"</p></a>
     </div>
     <div class="left">
     </div>
     <div class="right">
            <h3><strong>DECRIPTION</strong></h3>
                <li>Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar</li>
                <li>Master Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar</li>
        <li>I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
            I interest to Mathematics Education, Geometry, Mathematics Computation, and Statistical Computation. My research about mathematics education.
            </ul>
            <p id="job-responsibilities"><strong>EXPERIENCE</strong></p>
            <p>
            <ul>
                <li>USAID PRIORITAS, as LPTK Facilitator, 2013-2017</li>
        <li>Tim Pengelola Pusat Layanan Pengujian dan Analisis Data Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016-sekarang</li>
        <li>Tim Pengelola MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2017-sekarang</li>
            </p>
            </ul>    
        <h3><strong>CERTIFICATIONS / AWARDS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
                <li>Fasilitator Pelatihan dalam Pelaksanaan Program USAID PRIORITAS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar di Indonesia</li>
        <h3><strong>EVENTS AND WORKSHOPS</strong></h3>
            <p>
            <ul>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pedagogy SMP/MTs Untuk Dosen LPTK, 2013</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Training TTI Pedagogy Lecturers in Curricula & Materials (Literacy, Math, and Science), 2014</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih -Tingkat Provinsi II Praktik yang Baik dalam Pembelajaran dan Manajemen SMP dan MTs, 2014</li>
        <li>Resource Person dalam Kegiatan Workshop 1, 2, & 3 Developing Teacher Training Curricula and Materials-Primary Mathematics, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-1 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014</li>
        <li>Narasumber dalam Kegiatan Lokakarya ke-2 dan ke-3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Sekolah Mitra Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tentang Buku Sumber untuk Dosen LPTK: “Pembelajaran Literasi SD/MI dan SMP/MTs, IPA SD/MI, Matematika SD/MI”, 2015</li>
        <li>Support Dissemination in TTIs; Training Pedagogy Lectures & TTI Partner School Secondary (Modul 1&2), 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan tingkat Provinsi III untuk Pelatih: Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs, 2015</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Orientasi Peningkatan Keterampilan Dasar dan Teknik Instruksional (PEKERTI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Angkatan I, 2015</li>
        <li>Fasilitator dalam Kegiatan Pelatihan Modul III - Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di SMP dan MTs bagi Sekolah Lab dan Mitra LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Sosialisasi Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di Kelas Tinggi SD/MI: Bahan Rujukan bagi LPTK, 2016</li>
        <li>Narasumber dalam kegiatan Lokakarya Nasional Adaptasi Modul Sekolah Praktik yang Baik: Pembelajaran Matematika dan IPA untuk SD/MI dan SMP/MTs, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Seminar dan Lokakarya “Penataan  Kinerja Akademik Dosen” FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Lokakarya Nasional Pengembangan Modul Pelatihan Tingkat SD/MI bagi Dosen LPTK, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Guru Pamong untuk meningkatkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa LPTK (SD/MI), 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Terpublikasi EBSCO dan SCOPUS, 2016</li>
        <li>Peserta dalam Kegiatan Pelatihan Pengenalan Statistika Deskriptif dengan R, 2017</li>
        <li>Narasumber Pembekalan PPL Mahasiswa Angkatan IV FTK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
        <li>Peserta dalam Kegiatan Workshop Open Journal System (OJS), 2017</li>
    <ul>
    </p>
                </div>
     <div id="footer"></div>
    </body>
</html>

Referensi

Akhyak. (2005). Profil Pendidik Sukses. Surabaya: elKAF.

Altun, S. (2015). The Effect of Cooperative Learning on Students’ Achievement and Views on the Scienceand Technology Course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451–468. Retrieved from https://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/91

Arifin, A. (2003). Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: DEPAG RI.

Arifin, M. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam (Cet. 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningtyas, C. D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode The Power Of Two dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale. Jurnal Ilmiah Seminar Nasional, 2(2).

Damanik, E. N., Syahputra, E., & Yus, A. (2019). The Effect of Cooperative Learning and Learning Motivation on Mathematical Learning Outcomes. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Retrieved from https://www.atlantis-press.com/proceedings/aisteel-19/125928479

Danaryanti, A., & Julianti. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 194–201. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2. 613

Djamarah, Bahri, S., & Aswani. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kepenuhan Hulu. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 1(1). Retrieved from http://e-journal.upp .ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/261

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3). https://doi.org/10.14221/ ajte.2016v41n3.3

Girsang, F. B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jerman melalui Penerapan Model Pembelajaran Power of Two. Jurnal Pena Edukasi, 6(1), 59–66.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok (Cet. V). Bandung: Pustaka Pelajar.

Ramadhana, N., Ibrahim, M., & Agustini, R. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan The Power Of Two Pada Konsep Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungguminasa Makassar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(1), 452–458. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p452-458

Ratnasari, D., Subandi, & Putra, F. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 163–174. Retrieved from http:// ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/3967

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Diterbitkan
2020-05-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 374 times