Pengembangan Media Pembelajaran Qbata Berbasis Android Menggunakan Macromedia Flash Professional

  • Andi Kusumayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rezkianti Hasan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Fajriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pengembangan media berbasis android sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah menengah pertama dilatarbelakangi oleh masih kurangnya media pembelajaran yang menyenangkan khususnya dalam bidang matematika yang mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Macromedia Flash Professional, Corel Draw x4 dan Microsoft power point . Ketiga aplikasi ini yang digunakan untuk mengolah tampilan menu yang akan dimasukkan ke dalam media pembelajaran. Media ini diharapkan mampu memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Alessi dan Trolip. Adapun langkah-angkah pengembangannya yaitu: perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan sebayak dua kali yaitu uji coba skala kecil yang melibatkan 3 orang siswa kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai dan uji coba skala besar yang melibatkan seluruh siswa pada kelas kelas VII SMP Negeri 9 Sinjai. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dibuat dinilai layak digunakan dalam pembelajaran matematika dengan standar kelayakan lebih besar dari 70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development Of Interactive Media For ICT Learning At Elementary School Based On Student Self Learning. Journal Of Education and Learning, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle. Yogyakarta: Deepublish.

Borba, M. C. (2016). Blended Learning, E-Learning and Mobile Learning in Mathematics Education. 48(694).

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ebner, M. (2015). Mobile Applications For Math Education-How Should They Be Done. Mobile Learning And Mathematics, Foundation, Design And Case Studies, 20(23).

Hendriawan, M. A., & Maulana, G. (2018). Pengembangan JIMATH Sebgai Multimedia Pembelajaran Matematika berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1).

Lian, F. (2017). Analysis of the Impact of New Media Era on Traditional Computer Education. Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(10).

Lu Gan, Y. G. (2017). Influence of Mobile Media Application on University Students’ Psychological Health Education. Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(10).

Nasution, S. H. (2015). MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA KELAS MATEMATIKA. Conference: Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya.

Oktavianingtya, E. (2018). Development 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion SubjectNo Title. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1).

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Putria, A. S. A., & Nunuk, S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qiao, F. H. W. (2017). Mobile Interactive Translation Teaching Model Based on “Internet +.” EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(10), 6705–6714. https://doi.org/10.12973/ejmste/78191

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rogers, E. M. (2003). Diffusiaon Of Innovations. New York: Free Press.

Russel, J. D. (2008). Instructional Technology and Media For Learning. New Jersey: Pearson.

Sari, I. N., Saputro, S., & Ashadi. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA dan MA. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2628

Smaldino, S. E. (2011). Instructional Technology and Media For Learning. Jakarta: Kencana.

Suryani, N. (2017). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Jakarta: Rosda.

Tiro, M. A. (2010). Cara Efektif Belajar Matematika (Cetakan I). Makassar: Andira Publisher.

Warsita, B. (2008a). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsita, B. (2008b). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yaumi, M. (2017a). Belajar & Mengajar dengan Media & Teknologi. Watampone: Syahadah.

Yaumi, M. (2017b). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Zaranis. (2013). Using Mobile Devices for Teaching Realistic Mathematics in Kindergarten Education. 4(7).

Published
2020-05-31
How to Cite
Kusumayanti, Andi, Suharti Suharti, Rezkianti Hasan, and Nurul Fajriani. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Qbata Berbasis Android Menggunakan Macromedia Flash Professional”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 81-95. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13965.
Section
Artikel
Abstract viewed = 317 times