Implementasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Ruang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran peningkatan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa calon guru matematika dengan mengimplementasikan geogebra pada perkuliahan geometri ruang. Penelitian akan dilaksanakan di Universitas Tidar pada mahasiswa semester II perkuliahan geometri ruang program studi Pendidikan Matematika. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest, satu kelompok sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan perkuliahan geometri ruang berbasis geogebra dan satu kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan perkuliahan geometri ruang secara konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan angket tanggapan siswa yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan geogebra dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah geometri ruang. Hasil lain yang didapatkan adalah adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep geometri ruang pada mahasiswa kedua kelompok setelah diberikan perlakuan. Peningkatan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama-sama berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini dapat memperkaya hasil penelitian terkait dengan inovasi pembelajaran dengan menggunakan geogebra dalam pengembangan pembelajaran matematika yang inovatif.
Downloads
References
Abramovich, S. (2013). Computers in Mathematics Education: An Introduction. Computers in the Schools, 30(1–2), 4–11. https://doi.org/10.1080/ 07380569.2013.765305
Alkhateeb, M. A., & Al-Duwairi, A. M. (2019). The effect of using mobile applications (GeoGebra and sketchpad) on the students’ achievement. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(3), 523–533. https://www. semanticscholar.org/paper/Effect-of-Geogebra-on-Senior-Secondary-School-’-and-Emaikwu-Oche/7c874596f73bd102b571008afc1decca4d5b8d81
Bhagat, K. K., & Chang, C. Y. (2015). Incorporating GeoGebra into Geometry learning-A lesson from India. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(1), 77–86. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1307a
Emaikwu, S. O., Iji, C. O., & Abari, M. T. (2015). Effect of Geogebra on Senior Secondary School Students’ Interest and Achievement in Statistics in Makurdi Local Government Area of Benue State, Nigeria. Journal of Mathematics (IOSRJM), 2(3), 14–21.
Gunhan, B. C. (2014). A case study on the investigation of reasoning skills in geometry. South African Journal of Education, 34(2), 1–19. https://doi.org/10.15700/ 201412071156
Hake, R. R. (1999). Interactive-engagement vs traditional methods: A six thousand student survey of mechanic test data for introductory physics courses. Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hanafi, M. A. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 273–283. https:// www. journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/797
Hohenwarter, M., Jarvis, D., & Lavicza, Z. (2009). Linking Geometry, Algebra, and Mathematics Teachers: GeoGebra Software and the Establishment of the International GeoGebra Institute. International Journal for Technology in Mathematics Education, 16(2).
Jelatu, S., Sariyasa, & Ardana, I., M. (2018). Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts. International Journal of Instruction, 11(4), 325–336. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11421a
Kurniawan, R. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Serta Pembelajaran Kontekstual [STKIP Yasika Majalengka]. http:// repository.upi.edu/7876/
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Mudaly, V., & Fletcher, T. (2019). The effectiveness of GeoGebra when teaching linear functions using the iPad. Problems of Education in the 21st Century, 77(1), 55–81. https://doi.org/10.33225/pec/19.77.5
Murizal, A., Yarman, Y., & Yerizon, Y. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 1(1), 19–23.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD Publishing.
Ozturk, T., & Guven, B. (2016). Evaluating Students’ Beliefs in Problem Solving Process: A Case Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(2), 411–429.
Pamungkas, M. D., Rahmawati, F., & Dinara, H. A. (2020). Integrating GeoGebra into Space Geometry in College. Advances in Social Science. Education and Humanities Research, 397. https://www.ejmste.com/article/evaluating-students-beliefs-in-problem-solving-process-a-case-study-4500
Saha, R. A., Ayub, A. F. M., & Tarmizi, R. A. (2010). The Effects of GeoGebra on Mathematics Achievement: Enlightening Coordinate Geometry Learning. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8, 686–693. https://doi.org/10.1016/ j.sbspro.2010.12.095
Susilo, B. E., Sutarto, H., & Mubarok, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Ruang dengan Model Proving Theorem. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 170–176. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4979