Pengembangan Modul Matematika Materi Perbandingan Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) SMP

  • Baharuddin Abbas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abdul Jabbar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran matematika pada materi perbandingan berbasis contextual teaching learning (CTL) kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis contextual teaching learning (CTL) yang valid di kelas VII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research & development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu meliputi tahap analiysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi modul adalah 4,3 yang berarti modul berada pada ketegori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika materi perbandingan berbasis contextual teaching learning (CTL) untuk kelas VII SMP Negeri 1 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa telah memenuhi kriteria kevalidan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26.

Kurniasari, H., Sukarmin, & Sarwanto. (2017). Development of Contextual Teaching and Learning Based Science Module for Junior High School for Increasing Creativity of Students. International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 (ICMSE2017), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012035

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Romaja Rosdakarya Offset.

Pohan, J. E. (2015). pengembangan Modul Berbasis Pendekatan KOntekstual pada Menulis Resensi di Kelas IX SMP 7 Padang Bolak. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, XVI(1), 36–48.

Rofii, A., Murtadho, F., & Rahmat, A. (2018). Model of Contextual-Based Academic Writing Learning Module. Journal of English Education, 6(2), 51–60.

Sofnidar, & Sabil, H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I Dengan Pendekatan Kontekstual. Edumatica, 02(02), 57–67.

Sumantri, R. (2012). Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal, Komitmen, Dan Kepuasan Kerja Guru SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Syahrir, & Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v1i2.235

Uslima, U., Ertikanto, C., & Rosidin, U. (2018). Contextual Learning Module Based on Multiple Representations: The Influence on Students’ Concept Understanding. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2534

Published
2020-11-29
How to Cite
Abbas, Baharuddin, Abdul Jabbar, Andi Halimah, and A. Sriyanti. 2020. “Pengembangan Modul Matematika Materi Perbandingan Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) SMP”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (2), 151-65. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.16346.
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 411 times