Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar metematika siswa dalam bentuk soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang kelas VIII₁. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes dalam bentuk soal cerita. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel, yaitu (1) kesulitan tipe I dengan persentase 23% yakni kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, (2) kesulitan tipe II dengan persentase 30% yakni kesulitan dalam mengubah kalimat soal cerita menjadi kalimat matematika, dan (3) kesulitan tipe III dengan persentase 47% yakni kesulitan dalam melakukan operasi aljabar dan memberi kesimpulan. Data yang diperoleh menunjukkan penyebab siswa mengalami kesulitan diantaranya kurangnya pemahaman konsep, kurangnya konsep pemahaman operasi aljabar karena kurang latihan dan tidak mengulangi pelajaran di rumah, serta tergesa-gesa dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar (Cetakan II). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ardianto, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azis. (2019). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72.
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika adalah Realistic Matematic Education Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576
Clement, M. (1980). The Newman Procedure for Analysing Errors on Written Mathematical Tasks. Australia: The University of Newcastle.
Cooney, T. J., Davis, E. J., & Henderson, K. B. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin.
Dini, B. B., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Negeri Kateri Kelas VIII Tahun Ajaran 2018/2019. MATHEDU:Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 44–50.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir. (2020). No Title. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80–96. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a4.2016
Istiqomah, A. D., & Setianingsih, R. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel dan Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya. MATHEdunesa, 3(2).
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.
Jordan, N. C., Kaplan, D., & Hanich, L. B. (2002). Achievement Growth in Children With Learning Difficulties in Mathematics: Findings of a Two-Year Longitudinal Study. Journal of Educational Psychology, 94(3), 615–626.
Malik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar (Cet. I). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Maryani, I., Husna, N. N., Wangid, M. N., Mustadi, A., & Vahechart, R. (2017). Learning Difficulties of The 5th Grade Elementary School Students in Learning Human and Animal Body Organs. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 96–105. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.11269
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1992). Qualitative Data Analysis. In A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.
Muhammading. (2014). Hasil Wawancara. Pinrang.
Nuriza, I., & Yusmin, E. (2020). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi program linear berdasarkan gaya belajar siswa sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7), 1–9.
Pearce, D. L., Bruun, F., Skinner, K., & Lopez, C. (2009). What Teachers Say About Student Difficulties Solving Mathematical Word Problems in Grade 2-5. IΣJMΣ, 8(1).
PR Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.
Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM), 2(2), 175–185.
Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2010). Pengantar Pendidikan (Cetakan II). Makassar: UNM Press.
Wulandari, S., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2018). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 112–119.