Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Matematika

  • Nur Asrawati STKIP YPUP Makassar
    (ID)
  • Ummi Kalsum Sulaiman STKIP YPUP Makassar
    (ID)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, terdapat permasalahan yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang diajar melalui metode accelerated learning lebih tinggi dari hasil belajar matematika yang diajar melalui metode konvensional, dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar dengan sampel yang berjumlah 60. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik diperoleh rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode accelerated learning adalah 79,6 dengan standar deviasi 9,05 sedangkan rata-rata hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional adalah 65,06 dengan standar deviasi 10,99. Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar yang diajar dengan menggunakan metode accelerated learning lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bawono, E. (2015a). No Title. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 69–77.

Bawono, E. (2015b). Pengaruh Metode Accelerated Learning Berbantuan Jurnal Belajar dan Geogebra 3D Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematik Terhadap Hasil Belajar pada Ruang Dimensi Tiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 69–77.

Djamarah, S. B. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ediningrum, W. (2018). MAple-Assisted Accelerated Learning to Enhance Learning Interest of Senior HIgh School Student. International Conference on Mathematics and Science Education, 815–819. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herianto. (2019). Penerapan Metode Accelerated Learning for The 21st Century dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. ẟELTΔ: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 37–50.

Mardiani, D. (2019). Model Accelerated Learning Cycle dalam Pembelajaran Pertidaksamaan Linear dan Nilai Mutlak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 483–492.

Meier, D. (2000). The Accelerated Learning Handbook. New York: McGraw-Hill.

Meier, D. (2014). The Accelerated Learning. Bandung: Kaifa.

Pramudiani, H., Widianti, T., & Peniati, E. (2014). penerapan Pendekatan Accelerated Learning disertai media Puzzle Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education, 3(2), 164–171. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.

Rahmawati, I., Trapsilasiwi, D., & Pambudi, D. S. (2015). Penerapan Metode Accelerated Learning pada Pokok Bahasan Program Linear Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 4 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran, 4(3), 109–116.

Rusman. (2005). Pembelajaran Tematik Terpadu, Ptaktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sucipto, D., Putra, M., Sugiyarti, S., & Putra, Y. Y. (2018). Pengaruh Model Accelerated Learning Cycle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat The Influence of Accelerated Learning Cycle Model on Mathematic Problem Solving of Integersi Material. 1(1), 12–23.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumardika, I. P., Putra, D. K. N. S., & Putra, M. (2014). Penerapan Model Accelerated Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 13 Dauh Puri Denpasar. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–14.

Syam, I. F. (2014). Pengaruh Metode Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMKN 2 Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.

Uno, H. (2015). Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 268–274.

Yulianto, Soedartono, & Wahyuni. (2010). Hasil Belajar Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin dengan Pembelajaran Accelerated Learning Menggunakan Metode Pendekatan SAVI. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(2), 81–86.

Published
2020-11-29
How to Cite
Asrawati, Nur, and Ummi Kalsum Sulaiman. 2020. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning Dengan Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (2), 183-91. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i2.17576.
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 409 times