Pengembangan C-Math Berbasis Macromedia Flash Pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII MTsN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran C-Math berbasis macromedia flash pada pokok bahasan lingkaran serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran matematika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research & development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D Models). Adapun tahapannya meliputi: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) diseminasi (disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Gowa yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi oleh validator, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kevalidan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,96 yang berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis kepraktisan diperoleh persentase angket sebesar 90,01% yang berada pada kategori “sangat layak”. Kemudian hasil analisis kepraktisan diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran C-Math berbasis macromedia flash pada pokok bahasan lingkaran dapat dikatakan layak menjadi salah satu media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika.
Downloads
References
Adi, L., Akbar, R. J., & Khotimah, W. N. (2017). Platform E-Learning untuk Pembelajaran Pemrograman Web Menggunakan Konsep Progressive Web Apps. Jurnal Teknik ITS, 6(2), A781–A786. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i2.24291
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. (2015). Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2012). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hartono, Y., Safitri, M., & Somakim. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14, 62–72.
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas Ix Smp Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66–87. https://doi.org/dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 216–217.
Nitalia, S. R. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Akademis Dan Gagasan Matematika, 2, 54–61.
Nur, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kelas VII SMP Berdasarkan Model Pembelajaran Kolb-Knisley Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Higher-Order Thinking Skill dan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika. 5, 97.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Riyanto, W. D., & Gunarhadi. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE Int. Pedagog. Teach. Educ, 1(1), 55–63.
Setyono, T., Eka, L., & Deswita, H. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 4.
Suryani, D., & Lestari, N. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
W.Wiana. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation : A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. J. Phys. Conf. Ser, 953, 1.
Yudihartono. (2006). Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash. Andi.
Yusuf, Y. (2009). Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 39, 26.