Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik melalui Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi (DMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Guppi Samata. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimental dengan non-equivalent control group design. Populasinya berjumlah 51 orang peserta didik kelas VIII SMP Guppi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Diperoleh hasil penelitian bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe DMR efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.Downloads
References
Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model diskursus multi representasi (dmr) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun datar di kelas IV SD. EDUCARE, 17(2), 151–158.
Asmara, R. B., & Asnawati, S. (2020). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran diskursus multy reprecentasy pada materi bilangan bulat. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6100.
Azizah, D., & Handayani, F. E. (2020). Pengaruh model diskursus multy representasy (dmr) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6494.
Budarsini, K. P., Suarsana, I. M., & Suparta, I. N. (2018). Model diskursus multi representasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah menegah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 110–118. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.20047.
Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375.
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa. (2019). Efektivitas model icare berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109–122. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762.
Domu, I., Pesik, A., & Katiandagho, G. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran diskursus multi representasi terhadap hasil belajar siswa materi himpunan. JSME (Jurnal Sains, Matematika, Dan Edukasi), 8(2), 122–126.
Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the students’ mathematical problem solving ability by applying problem based learning model in vii grade at smpn 1 banda aceh indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144.
Faoziyah, A., & Rohyati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran dmr (diskursus multy reprecentasy) terhadap kecerdasan logis matematis dan self-efficacy pada materi induksi matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 331–343.
Herman, T., Artinah, T., & Usdiyana, D. (2017). The effect of multirepresentation discourse learning on students problem solving ability. Jurnal Pengajaran MIPA.
Holidun, Masykur, R., Suherman, & Putra, F. G. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis kelompok matematika ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial 1. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.
Mayasari, D. (2019). Pengembangan bahan ajar segitiga dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.151.
Novriani, M. R., & Surya, E. (2017). Analysis of student difficulties in mathematics problem solving ability at mts swasta ira medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 63–75.
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168–179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644.
Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13589.
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sd dalam pembelajaran matematika dengan model diskursus multy representation (dmr). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176.
Saputra, S., Mawardi, Azwir, Afkar, & Jufni, M. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa kelas viii pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (dmr). Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 301–308.
Setyarini, D., Nugraheni, E. A., & Tsurayya, A. (2020). Analysis of students’ mathematic problem-solving ability based on application of learning methods electronic (e-learning). The 2nd International Conference of Education on Science, Technology, Engineering, and Mathematics ICE-STEM 2020), 166–169.
Siagian, T. A., Armanto, D., & Siagian, P. (2021). Development of learning device oriented problem based learning to improve student’s mathematical problem solving skill. Journal of Physics: Conference Series, 1731, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012056.
Sinaga, A. R. P. (2018). Efektivitas pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii smp. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.1234/CARTESIUS.V1I1.469.G499.
Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi dan reciprocal learning. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 4–14. https://doi.org/10.24269/js.v1i2.269.