Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kab. Gowa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching, 2) efektifvitas model pembelajaran quantum teaching dan tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design, yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berjumlah 349 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada kelas eksperimen (kelas VIIF) diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dan pada kelas kontrol (kelas VIIG) diajar tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Berdasarkan hasil pengujian hipetosis diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran tanpa model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa dan uji efektivitas diperoleh bahwa pembelajaran dengan model quantum teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model quantum teaching kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kab. Gowa
Downloads
References
Afidah, (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Danaryanti, A & Sari, D.P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, Pebruari 2014, hlm 29 – 36
Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir Dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lestari, E.K & Yudhanegara, R.I. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Said, M.A. (2013). Quantum English. Makassar: Alauddian.
Sardirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, N. 1996. Statistika Pendidikan. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Yuberti. (2014). Suatu Pendekatan Pembelajaran Quantum Teaching. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=342257&val=7949&t itle=Suatu%20Pendekatan%20Pembelajaran;%20Quantum%20Teaching (28 September 2017).