Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

  • Rifqa Nurul Fajriani Harmin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang SINTA ID : 6746014, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing, 2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran problem posing, dan 3) apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Populasinya mencakup siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang terdiri dari 16 kelas kemudian dilakukan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem posing berada pada kategori sangat tinggi yaitu 78,77, sedangkan yang tidak menggunakan model pembelajaran problem posing berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 73,12. Selanjutnya, hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran problem posing. Karena dengan model pembelajaran  problem posing menekankan peserta didik untuk mengajukan permasalahan ataupun soal berdasarkan situasi yang diberikan dengan begitu kemampuan komunikasi peserta didik salah satunya dalam hal mengajukan pendapatnya semakin meningkat sehingga mereka lebih percaya diri akan kemampuan berbicaranya di depan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lisnasari Andi Mattoliang, SINTA ID : 6746014, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.co.id/citations?user=uql1Gb0AAAAJ&hl=en

SINTA: https://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6746014&view=overview

DESCRIPTION
  • Lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
EDUCATIONAL BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar
  • Magister Pendidikan Matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

References

Alhaddad, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing Students’ Communication Skills through Treffinger Teaching Model. Journal on Mathematics Education, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.22342./jme.6.1.1856.31-39

Aminah, S., Wjaya, T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22.

Astuti, P., Hartono, Y., Bunayati, H., & Indaryati. (2017). Pengembangan LKS berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 61–78. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.4613.61-78

Baran, A. A., & Kabael, T. (2021). An investigation of eighth grade students’ mathematical communication competency and affective characteristics. The Journal of Educational Research, 114(4), 367–380. https://doi.org/10.1080/00220671.2021.1948382

Estabrooks, C., & McArdle, D. (2021). The Design and Implementation of a Course in Mathematical Research and Communication. PRIMUS. https://doi.org/10.1080/10511970.2021.1931996

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234.

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika Tinjauan Teoretis dan Historis. Multi Pressindo.

Juano, A., & Pardjono. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 51.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

López-López, A., Aguilar, M. S., & Castaneda, A. (2021). Why teach Mathematics? A Study with Preservice Teachers on Myths Around The Justification Problem in Mathematics Education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1864489

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Murnaka, N. P., & Yuniarti, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 28–37. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.10957

Ngaeni, E. N., & Saefuddin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 264–274. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896

Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan Problem Posing berbantuan Software MATLAB terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Elemen, 5(1), 12–22. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.710

Nurhidayah. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 121.

Permendiknas No.22 Tahun 2006. (n.d.). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Persada, A. (2014). Pengaruh Metode Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Education Mathematics, 3(1), 72.

Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2014). The Effects of Problem Posing on Student Mathematical Learning: A Meta-Analysis. Journal International Education Studies, 7(13), 28.

Sayed, R. A.-E. El. (2000). Effectiveness of Problem Posing Strategies on Prospective Mathematics Teachers’ Problem Solving Performance. Journal of Science and Mathematics Education In S.E. Asia, XXV(1), 56.

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2).

Zuya, H. . (2017). The Benefits of Problem Posing in The Learning of Mathematics: A Systematic Review. International Journal of Advanced Research, 5(3), 853.

Published
2021-11-30
How to Cite
Harmin, Rifqa Nurul Fajriani, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang, Muhammad Rusydi Rasyid, and Thamrin Tayeb. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (2), 133-43. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.24088.
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 189 times