Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 20 Sinjai

  • Nur Yuliany Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Iftitah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai, (2) Untuk mengetahui gambaran berpikir positif siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai,  (3) Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai, (4) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar  natematika siswa VII SMPN 20 Sinjai, (5) Untuk mengetahui pengaruh berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai, dan (6) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan berpikir positif  terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai yang berjumlah 157 siswa sedangkan sampelnya adalah 39 siswa yang diambil melalui teknik  propotional random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kemampuan berpikir kreatif dan berpikir positif serta dokumentasi prestasi belajar siswa.  Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik deskriptif dan statistik inferensi dengan pengujian hipotesis. Menggunakan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada kategori sedang, berpikir positif siswa berada pada kategori tinggi serta prestasi belajar matematika siswa juga berada pada kategori tinggi, (2) kemampuan berpikir kreatif berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai, (3) berpikir positif berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 20 Sinjai, (4) kemampuan berpikir kreatif dan berpikir positif bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Untuk itu penelitian serupa dapat dilakukan dengan melihat faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 No. 1.

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 3(2).

Aras, M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Awal dan Pola Asuh Orang tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik VII SMP Negeri 2 Patallassan Kab. Gowa. UIN Alauddin Makassar.

Budi. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Dinata, K. B. (2019). Strategi Pemecahan Masalah Dalam Matematika. STKIPMKTH, 7 N0. 2, 54–60.

El-Qudsy, I. (2010). Keajaiban Berpikir Positif. Media Baca.

Fisher, & Lisliana. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Matematika.

Fitri Maulinda, dkk. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disiplin Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Balik Papan tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Kristania, M. (2016). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Postif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 02 N0. 1.

Magfirah, I. dkk. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1).

Riska, dkk. (2017). Pengarh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas V SDN 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).

Seftanency, I. dkk. (2015). Pengaruh Lingkngan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di SMK Abdi Wacana. SMK Abdi wacana.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (R&D). Alfabeta.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta.

Syamsinar. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar.

Syofian Siregar. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. Rajawali Press.

Zaeni, Aulia, J., & Hidayah, F. F. (2016). Analisis keaktifan siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) Pada materi Termokimia Kelas XI Ipa 5 di SMA N 15 Semarang. Jurnal Matematika.

Published
2021-11-30
How to Cite
Yuliany, Nur, Sitti Mania, and Nur Iftitah. 2021. “Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 20 Sinjai”. Alauddin Journal of Mathematics Education 3 (2), 161-73. https://doi.org/10.24252/ajme.v3i2.25373.
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 259 times