Analisis Kualitas Isi Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Bloom

  • Khairil Abdi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurkhalisah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Analisis Kualitas Isi Buku Teks, Taksonomi Bloom Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas isi Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi bloom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument. Sumber data terdiri sumber data primer yaitu Buku Teks Matematika SMP Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sumber data sekunder yaitu buku yang relevan, jurnal, serta hasil penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa buku teks matematika SMP Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 berdasarkan taksonomi bloom, diperoleh hasil penelitian pada setiap bab sebagai berikut; pada bab 6 persentasenya sebanyak 47%, pada bab 7 persentasenya sebanyak 60%, pada bab 8 persentasenya sebanyak 56%, pada bab 9 persentasenya sebanyak 54%, dan pada bab 10 persentasenya sebanyak 61%. Sedangkan untuk keseluruhan bab pada semester 2 diperoleh kesesuaian sebanyak 55%, ini berarti implementasi taksonomi bloom pada buku teks tersebut dalam kategori kurang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asadin, T. A. (2021). Analisis Soal Uji Kompetensi Buku Sekoah Elektronik (BSE) Biologi SMA Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.657

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013. Pusat Penelitian Kebijakan dan Kebudayaan. https://litbang.kemdikbud.go.id

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1). https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Mukaromah, H. (2020). Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8903

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di Sman 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2018). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229–236. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.310

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (cet XIII). Alfabeta.

Teni Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3833

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1). Anugrah Utama Raharja.

Diterbitkan
2022-05-31
Bagian
Vol. 4 No. 1
Abstrak viewed = 130 times