Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA

  • Sukma Lestari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Sriyanti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hafsyah Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Suarti Djafar Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Jusmawati Universitas Mega Rezky
    (ID)
Kata Kunci: Pengaruh, Think Pair Share, Hasil Belajar, Minat Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas X SMAN 18 Bulukumba.  Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 18 Bulukumba tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel di kelas X1 menjadi kelompok kontrol yang berjumlah 35 orang ini mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Kelas X2 yang berjumlah 35 orang ini sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran model pembelajaran TPS. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan bentuk desainnya adalah nonequivalent control grup design dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran think pair share ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas X SMAN 18 Bulukumba. Ini disebabkan karena pengujian hipotesis hasil belajar dan minat belajar matematika menunjukkan Sig < α (0,000 < 0,05).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Jatmiko. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Modul (TPS-M) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 417–426.

Khaesarani, I. R. (2021). Studi Kepustakaan tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3). https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.38716

Kusumawardani, R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran TPSR Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan, 2(3).

Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.

Mardodo. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share dan Learning Together dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau dari Minat Belajar Sisiwa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5).

Musliy. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Menigkatkan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN 22 Wakorsel. Jurnal Humanika, 1(16).

Perwita, L. W., & Indrawati, T. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di SD. Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah, 2624–2636.

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1432–1436.

Rahmawati, M. S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik MI Negeri Karang Poh Pulosari Pemalang Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Indonesian Journal of Educationalist, 1(2), 1990210.

Reinita, R., & Andriska, D. (2017). Pengaruh Pengunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 61–73.

Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Surayya, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849

Winantara, I. W. D., & Jayanta, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas v SD No.1 Mengwitan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9–19.

Wulandari, R. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X MIA SMAN 2 Libuklingau. Jurnal Pendidikan.

Yoserizal, Y., & Rahmi, U. (2019). Perbedaan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dan Tipe Think Pair Share di Sekolah Dasar. Basicedu, 3(4), 1055–1064.

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 158 times