Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Model PISA pada Konten Change and Relationship

  • Mayana
    (ID)
  • Thamrin Tayeb
    (ID)
  • Suharti
    (ID)
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Change and Relationship, Soal PISA

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya peringkat Indonesia pada hasil PISA dari tahun 2000 sampai 2022. Hal ini menunjukkan masih banyak peserta didik mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase kesalahan peserta didik, jenis-jenis kesalahan peserta didik dan faktor-faktor penyebeb kesalahan peserta didik kelas VIII SMPN 40 Makassar dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 40 Makassar yang berjumlah 189 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship adalah: (1) kesalahan memahami masalah sebesar 69,68% dengan kategori”sangat tinggi”, (2) kesalahan merencanakan sebesar 65,93% dengan kategori ”sangat tinggi”, (3) kesalahan menyelesaikan sebesar 71,27% dengan kategori ”sangat tinggi”, dan (4) kesalahan memeriksa kembali sebesar 85,93% dengan kategori ”sangat tinggi”. Adapun faktor peserta didik mengalami kesalahan dalam memahami masalah yaitu karena menafsirkannya secara keliru, bingung dengan apa yang harus dituliskan dan tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam menjawab soal. Faktor kesalahan merencanakan yaitu karena tidak memahami konsep sehingga salah dalam memilih rumus serta tidak mampu mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Faktor kesalahan dalam menyelesaikan karena tidak menguasai pengoperasian matematika sehingga salah dalam keterampilan proses saat melakukan perhitungan. Faktor kesalahan dalam memeriksa kembali yaitu karena akibat kesalahan sebelumnya dan tidak adanya evaluasi Kembali.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Fa’iq Fadhilah, L., & Rosyidi, A. H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Kategori Formulate. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9, 73–81.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 2802–2815.

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8.

Mareta Simalango, M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Pada Konten Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.

Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of Mathematics Literation Ability of Students in Completing PISA-Oriented Mathematics Problems With Changes and Relationships Content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Paola Nogo Doren, A., Sumadji, & Farida, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya. Seminar Nasional FST. Universitas Kanjuruhan Malang, 2, 670–677.

Rahmawati, D., & Dhian Permata, L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sudirman, Kondolayuk, M. L., Sriwahyuningrum, A., Cahaya, M. E., & Astuti, N. L. S. (2023). Metodologi Penelitian (S. Haryanti, Ed.). Media Sains Indonesia.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.

Diterbitkan
2024-11-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 80 times