Pengaruh Media Dart Board Bio terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan
Abstrak
Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan media Dart Board Bio terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA 13 Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas yang diajari menggunakan buku paket pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA 13 Makassar 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajari menggunakan media Dart Board Bio pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA 13 Makassar 3) Mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media Dart Board Bio terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA 13 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen), menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang dijadikan sebagai kelompok kontrol pembelajaran berada pada kategori baik dengan nilai rerata 65,78, sedangkan rerata skor hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rerata 88,34. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan yang menggunakan media Dart Board Bio karena hasil analisis inferensial data pada uji satu sampel menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dicapai adalah t-hitung 0,000<0,05.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andrianto, Kurnia dan Yoyok Yermandhoko. (2017). Pengembangan papan dart Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran IPA materi Ekosistem pada Kelas V di SDN Kerbon. Jurnal JPGSD 05, 384. https://www.neliti.com/id/publications/254422/pengembangan-papan-dart-sebagai-media-pembelajaran-pada-mata-pelajaran-ipa-mater
Arifuddin, Harisah. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.
Arsyad, A (2011). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bianticha, Rena Azhari, Nurdinah Hanifah dan Diah Gusrayani. (2017). Penggunaan Media Papan Dart untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pena Ilmiah 2(1). https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10767
Harahap, Juliawati dan Khairinal Salam. (2017). Analisis Faktor – Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Peserta didik Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMPN 7 Muaro Jambi. Artikel Ilmiah, h. 8-9. https://repository.unja.ac.id/2942/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf
Hasan, Muhammad dkk. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media.
Lestari, Eki Puji dan Joni Susilowati. (2018). Pengembangan Media Pengayaan Permainan Dart Game Acconting pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X SMK Negeri di Surabaya”. Jurnal Pendidikan Akuntansi 6(3), 296. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25971
Listiani, Desi dan Erlina Prihatnani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Math bagi Peserta didik Kelas SMP. Jurnal Pendidikan Matematika 4(1), 29. https://doi.org/10.33654/math.v4i1.80
Mashudi, Kojin. (2019). Telaah Tafsir Al-Muyassar Jilid VI. Malang: Inteligensia Media. 518-520
Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105
Nurdiana, U., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Media Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23361
Nurfadillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV.Jejak.
Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan media pembelajaran komik sains yang disertai foto untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 SUMBER pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/491
Nurrita, Teni. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. https://api.core.ac.uk/oai/oai:ojs.pps.iiq.ac.id:article/52
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopan. (2017), Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman 6(2), 337-338. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945
Susilana, Rudi dan Riyana. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Rukminingsih, dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Art.
Salam, Nurfadillah, Safei dan Jamilah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf, Jurnal Al-Ahya1(1),52-69. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/5630
Sari, Y. A., Bahar, A., & Rohiat, S. (2017). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar Dan Kartu Kemudi Pintar. Alotrop, 1(1). https://doi.org/10.33369/atp.v1i1.2716
Sutraningsi, Muh. Khalifah Mustami, Jamilah, dan Eka Damayanti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Bio pada Materi SistemPencernaan, Jurnal Pendidikan Biologi 6(2), 302. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3308
Wulandari, Diana. (2016). Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan 6(2), 853. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/issue/view/183
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##