Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Website Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan
Abstrak
Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R & D ) yang bertujuan untuk mengembangkan media berupa multimedia interaktif berbasis website pada pembelajaran biologi materi sistem pernapasan siswa kelas XI MA Aisyiyah Sungguminasa serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis website pada pembelajaran biologi materi sistem pernapasan siswa kelas XI MA Aisyiyah Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket peserta didik, angket pendidik serta tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis website memenuhi kategori sangat valid dengan nilai rata-rata penilaian validator 3,5. Kepraktisan multimedia interaktif berbasis website memenuhi kategori sangat praktis dengan rata-rata 3,6. Multimedia interaktif berbasis website sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 85,5. Multimedia interaktif berbasis website layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adhaningrum, S. A., Akbar, S., & Muzammil, L. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha Di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 15(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v15i1.5492
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 18–25. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927
Alexander, A., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i2.12075
Amalia, L. S., & Ardi. (2023). Meta-Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Journal On Teacher Education, 4(3), 400–406. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12101
Anggraini, L., dan Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuasa Cendekia.
Aswardi, A., Mukhaiyar, R., Elfizon, E., & Nellitawati, N. (2019). Pengembangan Trainer Programable Logic Gontroller Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri Kota Payakumbuh. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1), 51–56. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.104846
Cecep Kustandi dan Deddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Daud, F., & Rahmadana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar. Jurnal Bionature, 16(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/bionature.v16i1.1566
Fahrurrozi. (2019). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca.
Fardany, M. M., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 101–108. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p101-108
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5176
Hamansah, & Hading. (2016). Pengaruh Penerapan Moduk Stiles Biologi Sel Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 4(1), 150–167. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jb.v4i1.1778
Hobri. (2021). Metodologi Penelitian dan Pengembangan. Jamber: Pena Salsabila.
Jamaluddin, et all. (2020). Melatih Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Model Pembelajaran Go Car. Sukabumi: Cv Jejak.
Jufrinalis, M. (2021). Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Julia, et all. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. Sumedang: CV. Cakara Khatulistiwa.
Kifli, Z. et all. (2022). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Padang: PT Global Eksektutif Teknologi.
Mustakim. (2022). Literasi ICT dan Media Pembelajaran. Sumedang: CV. Cakara Khatulistiwa.
Nuryasni, N. (2013). Penggunaan Gambar Dalam Penyajian Soal Cerita Matematika Di Kelas I MIN Gunung Pangilun Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 25. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i1.2223
Permadi, U. N., & Huda, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378
Permana, N. S. (2022). Mendesain Hybrid Learning Dengan Model Pengembangan Addie Untuk Pelajaran Pendidikan Agama. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(1), 105–115. https://doi.org/10.34150/jpak.v22i1.381
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785
Rahmatin, R., & Khabibah, . Siti. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Umath (Uno Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 67–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%25p
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Panca Usaha.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, 3(1), 59–71. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Rohaeni, S. (2020a). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Rohaeni, S. (2020b). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122–130. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Rohayati, S., Widayati, I., Wahjudi, E., Pratiwi, V., & Rafsanjani, M. A. (2022). Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis Web Bagi Guru MGMP Akuntansi di Jawa Timur. Jurnal Karinov, 5(3), 157–161. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/30106
Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 132. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145
Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5322.63-72
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sujiatmoko, A. H. (2022). Konsep Dasar Asesmen Pembelajaran Bahasa. Malang: Media Nusa Creative.
Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Suyahman. (2021). Media Pembelajaran PPKN SD. Klaten: Lekeisha.
Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 1520–1533. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2166
Turrohmah, L., & Hakim, N. (2022). Pengembangan Handout Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Kingdom Plantae Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biotek, 10(1), 52–65. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.28458
Ulfah, A. K. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian. Madura: IAIN Madura Press.
Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5411
Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe flash CS6 berbasis android pokok bahasan segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/gammath.v3i1.1093
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##