PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TK/TPA

  • Khaera Umma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Idah Suaidah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan modul pembelajaran Al-Qur’an berbasis metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TK/TPA. Subjek penelitian ini adalah santri TK/TPA Nurul Istiqomah Kampung Jangka Kabupaten Gowa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an santri TK/TPA Nurul Istiqomah Kampung Jangka Kabupaten Gowa sebelum pemanfaatan modul pembelajaran al-Qur’an berbasis metode tilawati diperoleh nilai rata-rata hanya sebesar 68,75 termasuk kategori sedang, 2) kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TK/TPA Nurul Istiqomah Kampung Jangka Kabupaten Gowa setelah pemanfaatan modul pembelajaran Al-Qur’an berbasis metode tilawati, nilai rata-rata meningkat menjadi 87,50 termasuk ketegori tinggi, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TK/TPA Nurul Istiqomah Kampung Jangka Kabupaten Gowa sebelum dan setelah pemanfaatan modul pembelajaran Al-Qur’an berbasis metode tilawati.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the use of the Al-Qur'an learning module based on the tilawati method in improving the students' ability to read Al-Qur'an in TK/TPA. The subjects of this study were students of TK/TPA Nurul Istiqomah Kampung Term, Gowa Regency. The results of the research obtained are: 1) the ability to read the Al-Qur'an of the TK/TPA students of Nurul Istiqomah Jangka Village, Gowa Regency before using the Qur'an learning module based on the tilawati method obtained an average value of only 68.75 included in the medium category, 2) the ability to read the Al-Qur'an of the students in TK/TPA Nurul Istiqomah Jangka Village, Gowa Regency after using the Qur'an learning module based on the tilawati method, the average score increased to 87.50 including the high category, 3) there is a significant difference between the students' ability to read Al-Qur'an in TK/TPA Nurul Istiqomah Jangka Village Gowa Regency before and after using the Qur'an learning module based on the tilawati method.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. S. (2005). Teori-teori pendidikan berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fhauziah, H. (2019). Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an (studi kasus di SDIT Almaka Kalideres) (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/46962/1/HERDIYANTI FHAUZIAH-FITK.pdf

Hamid, A. (2016). Pengantar studi Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hasan, A. (2010). Strategi pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati. surabaya: PT VB pesantren al-Qur’an Nurul Falah.

Hatijah. (2014). Penerapan metode make a match dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menerjemahkan Al-Qur’an Siswa Kelas VI MIS Sawakong Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. UIN Alauddin Makassar.

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru (cet. V). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, I. (1996). Menjaga kemuliaan Al-Qur’an. Bandung: al-Byan.

Nursalam. (2011). Statistik untuk penelitian (Cet. I). Makassar: Alauddin University Press.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik (cet. II). Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Shihab, M. Q. (1999). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. XIX). Bandung: Alfabeta.

Syarifudin, A. (2005). Mendidik anak membaca, menulis dan mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Published
2020-11-30
How to Cite
Umma, K., Hafid, E., Suaidah, I., Mardhiah, M., & Halimah, A. (2020). PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BERBASIS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TK/TPA. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 255-266. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17390
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 369 times