Teologi Muhammad Abduh

  • Muhammad Abduh Wahid Prodi Ilmu Hadis (ILHA)
    (ID)

Abstract

Menarik untuk dikaji corak teologi Muhammad Abduh. Teologi rasionalkah yang mendorong lahirnya dinamisasi atau teologi tradisional yang mendorong kepada kondisi statis. Banyak orang tidak sepakat tentang corak teologinya. Tetapi yang harus dipahami adalah ketidaksepakatan itu merupakan cermin dari bervariatifnya barometer yang dijadikan standar untuk menilainya. Menurut pemikiran Muhammad Abduh tersebut, dapat dipahami bahwa wujud tersusun dari Khaliq dan Makhluk, adanya pencipta dan yang dicipta. Oleh karenanya, semua yang ada dalam wujud ini selain Allah Swt. Adalah makhlukNya. Alam terdiri atas alam abstrak dan alam nyata. Sedangkan alam manusia terbagi ke dalam dua golongan; golongan khawas dan awam. Dalam sistem teologi Abduh, akal mempunyai peranan yang sangat penting. Baginya, untuk memperoleh iman sejati dibutuhkan pemikiran rasional. Yang pasti, bagi Muh. Abduh, wahyu menaruh keyakinan yang amat dalam terhadap keunggulan wahyu dalam membantu akal untuk mengatasi kelemahannya. Yang pasti juga bahwa wahyu tidak hanya berfungsi sebagai informasi, tetapi juga berfungsi sebagai konfirmasi.

Author Biography

Muhammad Abduh Wahid, Prodi Ilmu Hadis (ILHA)

Bekerja sebagai Dosen pada Prodi ILHA UIN Alauddin Makassar

pangkat IV/a Lektor Kepala

References

Abduh, Muhammad. Al-Islam wa al-Nashriah Ma’a al-‘Ilm wa al-Madiniah. Kairo: Dar al-Manar, 1373 H.

. Risalah Tauhid, diterjemahkan oleh KH. Firdaus Ain dengan judul Risalah Tauhid.. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

. Tafsir al-Manar. Jilid IV. Kairo: Dar al-Manar, 1367 H.

Adams, Charles C. Islam and Modernism Egypt. London: Oxford University Press, 1933.

Ali, H. A. Mukti. Alam Pikiran Islam Modern di Timur Tengah. Jakarta: Djambatan, 1995.

Amin, Ahmad. Fajr Islam. Cet. II; t.tp: t.p., 1975.

Diamond, Malcolm L., Contemporary Philosophy and Religius Though (an Introduction to the Philosophy of Religion) (USA: Mc. Graw-Hil, 1974), h. 54-56.

Hourani, Albert. Arabic Thought in the Liberal Age 1798-1939. London: Cambridge University Press, 1983.

Lubis, Arbiyyah. Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh, Suatu Studi Perbandingan. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Nasution, Harun. Islam Rasional. Cet. I; Bandung: Mizan, 1995.

. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah. Jakarta: UI Press, 1987.

. Teologi Islam, Aliran, Sejarah Analisa Perbandingan. Cet. V; Jakarta: UI Press, 1986.

Qardhawi, Yusuf. Al-Aql wa al-Ilm fi al-Quran al-Karim. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiah, t.th.

Ridha, Muhammad Rasyid. Tarikh al-Ustadz al-Imam Muhammad Abduh. Jilid II. Mesir: t.p., 1931.

Rohnema, Ali. Pioneers of Islamic Revival, diterjemahkan olehj Ilyas Hasan dengan judul Para Perintis Zaman Baru Islam. Cet. III; Bandung: Mizan, 1998.

Sjadzali, Munawir. Islam dan Tata Negara; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran. Edisi V; Jakarta: UI Press, 1993.

Syahatah, Abdullah Mahmud. Manhaj al-Imam Muhammad Abduh fi Tafsir Alquran Karim. Kairo: t.p., 1963 M.

Al-Syahrastani. Al-Milal wa al-Nihal. Juz I. Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1968.

Published
2020-08-28
How to Cite
Wahid, M. A. (2020). Teologi Muhammad Abduh. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 22(1). https://doi.org/10.24252/jumdpi.v22i1.15546
Section
Artikel
Abstract viewed = 1339 times