Kontroversi Imam Perempuan; Study Maudhu’iy Terhadap Hadist-Hadist Imam Perempuan dalam Shalat
Abstract
Issu imam perempuan landasan hukumnya dimulai dari hadist-hadist Rasulullah SAW, oleh karena itu kajian terhadapnya harus pula dititik beratkan dengan melakukan study terhadap hadist-hadist yang terkait. Khususnya untuk konteks ini kajian difokuskan pada hadist-hadist tentang imam perempuan yang berasal dari Ummu Waraqah dan juga hadist lain yang terkait dengan persoalan imam perempuan ini. Jumhur ulama menyatakan bahwa hadits dari Abu Daud yang diriwayatkan dari Ummu Waraqah lemah berdasarkan adanya kecacatan pada dua periwayat tadi. Namun hadits yang melarang perempuan menjadi imam shalatpun dinilai oleh banyak ulama lemah karena adanya perawi yang bermasalah. Saya sendiri tidak berani mengambil kesimpulan terhadap keberadaan hadits Abu Daud, meski arah argumentasi dari makalah ini menilai hadits tersebut tidak dhaif. Dengan demikian tidak boleh ditutup kemungkinan perempuan menjadi imam shalat (dengan ma’mum laki-laki), karena ada ulama yang membolehkan hal tersebut.
References
Abdul Gawwād, Mahrus Husain, al-Bayān fii Ilmi Takhrij wa Dirāsah al-Asāniīd (Cairo: Matba’ah al-Khulūd t th.)
Abu Daud, Sulaiman Ibn al-Asyas Al-Sajastany.tt, Sunan Abu Daud. Kairo : Maktabatu Rihlan. Juz I
Al-Baihaqy, Abu Bakar,.1994, Sunan Al-Baihaqy al-Kubra. Makkah: Maktabatu Daar
al-baz:Juz III,
Al-Daraqutny al-Bagdady, Abu Husain. 1966, Sunan al-Daraqutny. Beyrut: Daar al-Ma’rifah: Juz I
Abu Abdullah al-Quzainy, Muhammad Ibn Yazid. Tt, Sunan Ibn Majah. Beyrut : Daar al-Fiqr: Juz I
Al Ṭahhan, Mahmud, Usūl al-Takhrij wa Dirāsat al Asānīd dialihbahasakan oleh Ridwan Nasir dengan Judul Metode Takhrij dan Penelitian Sanad Hadis (Cet. I: Surabaya: Bina Ilmu, 1995),
Al-Asqalani, Abu Hajar, Tahzib al Tahzib. Juz II, Juz IX, Juz XI, Juz VI
Al-Azshim Abadi, Muhammad Syamsul Haqq.1410, Aun al-Ma’bud fi Syarh Sunan Abi Dawud. Beirut: Dar al-Qutub Ilmiyyah,
Ahmad Al-Ayubi, Salahuddin.1983, Manhaj Naqd al-Matan. Beirut: Daar al-afaq al-Jaddah
Al-Nawawi, Syarifuddin T.th, al-Majmu Syarah al-Muhadzzab. Jeddah: Maktabah al-Irsyad
Al-syaukani, Naiylu al-Awthar. Vol-III
Hizbut Tahrir Indonesia. 2011, Hukum Wanita jadi Imam Shalat Jumat. www.hizbuttahrir.or.id
Ibnu Kasir, T.th. Tafsir al-Qur’anul al-Azim, Kairo: Dar al-Fiqr; Juz II
Ibn Rusyd, Muhammad Ibn ahmad. Bidayatul Mujtahid. vol. 1
Ismail, Syuhudi. 2005, Kaidah Kesahihan Sanad Hadits. Jakarta : Bulan Bintang.
--------------------. 2007, Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta : Bulan Bintang
--------------------. 1987, Pengantar Ilmu Hadits. Bandung: Angkasa
Kompasiana. 2011, Perempuan Bisa menjadi Imam shalat. www.kompasiana.or.id
Lagi tentang Imam Perempuan. Bbc. detik.com. 2010
Lidwah Pustaka. 2011, Kitab 9 Imam Hadist. www. lidwahpustaka.or.id
Muhammad Syams al-Haq al-‘Azim al-Abadi, Abu al-Tayyib. T.th, Gayat al-Maqsud fi Syarh Sunan Abu Dawud, Riyad: Maktabah Dar al-Tahawi; Juz I Cet II
Muslim On line. 2011, Bila Wanita Menjadi Imam Jumat. www.muslim.or.id
Muhammad, Husein KH. 2009, Fiqih Perempuan. Yogyakarta: LKiS; Cet-V
Subhan, Zitunah. 1999,Tafsir Kebencian Study Bias Gender dalam Tapsir al-Qur’an. Yogyakarta: LkiS
Umar, Nasaruddin. 1999, Argumen Kesetaran Gender dalam al-Qur’an. Jakarta: Paramadina
Endnotes
Lagi tentang Imam Perempuan. Bbc. detik.com. 2010
Hizbut Tahrir Indonesia. 2011, Hukum Wanita jadi Imam Shalat Jumat. www.hizbuttahrir.or.id
Kompasiana. 2011, Perempuan Bisa menjadi Imam shalat. www.kompasiana.or.id
Mahmud al Ṭahhan, Usūl al-Takhrij wa Dirāsat al Asānīd dialihbahasakan oleh Ridwan Nasir dengan Judul Metode Takhrij dan Penelitian Sanad Hadis (Cet. I: Surabaya: Bina Ilmu, 1995), h. 5
Mahrus Husain Abdul Gawwād, al-Bayān fii Ilmi Takhrij wa Dirāsah al-Asāniīd (Cairo: Matba’ah al-Khulūd t th.) h.7
Abu Daud Sulaiman Ibn al-Asyas Al-Sajastany.tt, Sunan Abu Daud. Kairo : Maktabatu Rihlan. Juz I, h.230
Abu Bakar Al-Baihaqy.1994, Sunan Al-Baihaqy al-Kubra. Makkah: Maktabatu Daar al-baz:Juz III, h.130
Abu Husain al-Daraqutny al-Bagdady. 1966, Sunan al-Daraqutny. Beyrut: Daar al-Ma’rifah: Juz I, h.430
Muhammad Ibn Yazid Abu Abdullah al-Quzainy. Tt, Sunan Ibn Majah. Beyrut : Daar al-Fiqr: Jiz I, h.343
Al-Baihaqy, Loc cit
Muhammad Ibn Yazid, Loc. cit
Al-Baihaqy, Loc. cit
Abu Daud, Loc cit
Abu Bakar Al-Baihaqy. Loc cit
Abu Husain al-Daraqutny al-Bagdady. Loc cit
Abu Dawud al-Sijistani, Sunan Abu Dawud, diberi komentar oleh ‘Izzat ‘Ubaid al-Da‘as dan ‘Adil al-Sayyid (Beirut: Dar Ibn Hazm, 1997), Juz I, h. 9.
Lidwah Pustaka. 2011, Kitab 9 Imam Hadist. www. lidwahpustaka.or.id
Abu al-Tayyib Muhammad Syams al-Haq al-‘Azim al-Abadi. T.th, Gayat al-Maqsud fi Syarh Sunan Abu Dawud, Riyad: Maktabah Dar al-Tahawi; Juz I Cet II, h. 220.
Abu Hajar al-Asqalani, Tahzib al Tahzib. Juz II, h. 237
Lidwah, Loc. cit
Abu Hajar, Op cit, h. 237
Ibid
Ibid, Juz 9, h. 359.
Ibid. Juz XI, h. 138-139
Ibid.Juz VI, h. 157
Muhammad Syamsul Haqq al-Azshim Abadi.1410, Aun al-Ma’bud fi Syarh Sunan Abi Dawud. Beirut: Dar al-Qutub Ilmiyyah, h. 302
Abu Hajar, Loc. cit
Ibid, Juz XII, h. 400
Syuhudi Ismail. 2005, Kaidah Kesahihan Sanad Hadits. Jakarta : Bulan Bintang. Juga dalam Syuhudi Ismail. 2007, Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta : Bulan Bintang, h. 73-77
Muslim On line. 2011, Bila Wanita Menjadi Imam Jumat. www.muslim.or.id
Syuhudi Ismail. 2007, Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta : Bulan Bintang, h. 118
Salahuddin bin Ahmad Al-Ayubi.1983, Manhaj Naqd al-Matan. Beirut: Daar al-afaq al-Jaddah, h. 238
Ibnu Kasir, T.th. Tafsir al-Qur’anul al-Azim, Kairo: Dar al-Fiqr; Juz II, h. 275
Zaitunah Subhan. 1999,Tafsir Kebencian Study Bias Gender dalam Tapsir al-Qur’an. Yogyakarta: LkiS, h.105
Nasaruddin Umar. 1999, Argumen Kesetaran Gender dalam al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, h. 150
Ibid
Al-Asqalani, Op Cit, Juz-II, h.20
Syarifuddin al-Nawawi,T.th, al-Majmu Syarah al-Muhadzzab. Jeddah: Maktabah al-Irsyad, h. 125-126.
Muhammad Ibn ahmad Ibn Rusyd. Bidayatul Mujtahid. vol. 1, h. 145
Husein Muhammad. 2009, Fiqih Perempuan. Yogyakarta: LKiS; Cet-V, h. 36
Ibn Rusyd, Loc. Cit
Abu Daud, Loc. Cit
Al-syaukani, Naiylu al-Awthar. Vol-III, h. 199
Ibid
Ibid, h. 187