IMPLEMENTASI METODE CERITA ISLAMI DALAM MENANAMKAN AKHLAK ISLAMI PADA KELAS III SD PERSITIM I KUPANG
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan mengenai Akhlak Islami pada siswa kelas III SD Persitim I Kupang dengan melalui implementasi cerita Islami, yang dilakukan sebagai upaya memperkaya pengetahuan dalam bidang keislaman mengenai akhlak islami dengan implementasi metode cerita islami. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sejarah, filosopy, psikologi, teologi, sosial dan budaya. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode cerita Islami dalam menanamkan Akhlak Islami pada siswa kelas III SD Persitim I Kupang, ada beberapa faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, orang tua adalah pendidik yang pertama dalam lingkungan keluarga. faktor lingkungan masyarakat. faktor lingkungan sekolah, Guru di sekolah sebagai pendidik yang mengarahkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak kulkarimah atau budi pekerti mulia, sebab di sekolah adalah wadah atau tempat untuk pembinaan dan penanaman akhlak yang Islami sehingga peserta didik dapat berperilaku baik dengan Guru, orang tua, teman dan lain-lain.
Keywords;
Implementasi, Metode Cerita Islami dan Akhlak Islami
Abstract
This study aims to describe Islamic morals in Class III SD Persitim I Kupang through the implementation of Islamic stories, which are carried out as an effort to enrich knowledge in the Islamic field regarding Islamic morals by implementing the Islamic story method. This research is field research using qualitative descriptive research with history, philosopy, psychological, theological, social and cultural approaches. The collection techniques are observation, interview, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the Islamic story method in instilling Islamic Morals in Class III SD Persitim I Kupang, there are several factors, namely family environmental factors, parents are the first educators in the family environment. community environmental factors. school environmental factors, teachers in schools as educators who direct students to become human beings with noble character or noble character, because at school is a place or place for guidance and cultivation of Islamic morals so that students can behave well with teachers, parents, friends and others.
Keywords:
Implementation, Islamic Stories Method and Islamic Morals
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Alya, Qonita. 2009. Kamus Besar Indonesia untuk Pendidikan Dasar. PT Indahjaya Adipratma.
Andayani, Dian dan Majid, Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.
Daradjat, Zakiah. dkk. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadhilah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryati, Nik.2011. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Al-Fabeta.
http://alaksamana. Blogspot.com/2018/II/html?m%3DI&hl=id-ID diambil pada tanggal 12 Januari 2019 jam 10:29 WITA
Irawan, Samsul. 2012. “Implementasi Metode Cerita dalam Menanamkan
Akhlak Islami bagi peserta didik di SDN 60 Salubattang Kota Palopo”.
Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,Makassar
Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Kementerian Agama RI, 11 jilid;24 cm
Kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam https/kbbi kemdikbud go id. Com/implementasi, diambil taggal 15 Maret 2019, pukul 08.31 am.
Mufron, Ali. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Depok Sleman.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV Al-Fabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.