HAK DAN KEWENANGAN ISTRI DALAM PROSES TALAK PERSPEKTIF MASLAHAT DAN KEADILAN
Abstrak
Mewujudkan maslahat dan menegakkan keadilan merupakan tujuan legislasi hukum Islam pada semua aturannya termasuk talak. Dalam fikih mazhab aturan tentang penjatuhan talak terkesan sangat longgar. Penjatuhan talak tidak terikat dengan kondisi dan tempat karena hak talak sepenuhnya di tangan suami, sehingga dia dapat menggunakan wewenang tersebut kapan saja, dimana saja dengan cara apa saja tanpa memerlukan saksi atau alasan apalagi persetujuan istri. Dominasi suami terhadap istri dalam talak sangat kuat dan istri menjadi pihak yang lemah. Padahal ketika menikah, keduanya memiliki kedudukan yang seimbang sebagai dua pihak yang persetujuannya sangat menentukan untuk keabsahan sebuah akad pernikahan. Pemerintah melalui peraturan perundang-undangan sebenarnya telah menempatkan suami istri dalam posisi yang setara dalam proses perceraian, namun peraturan tersebut belum dapat diterima sebagian masyarakat karena belum didukung oleh dalil-dalil yang memadai. Penelitian ini berupaya merumuskan bagaimana hak dan kewenangan istri dalam proses talak perspektif maslahat dan keadilan melalui dalil-dalil talak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suami istri mempunyai hak dan kewenangan yang setara dalam proses talak. Keputusan talak harus merupakan keputusan bersama suami istri karena talak tidak ubahnya seperti akad yang dalam keabsahannya membutuhkan persetujuan kedua pihak yang terlibat yakni antara suami dan istri. Selain didukung oleh dalil-dalil Al-Quran dan hadis, penetapan syarat persetujuan (kesepakatan) tersebut juga sejalan dengan prinsip-prinsip talak dan maqāṣid syarī’ah (tujuan hukum) dari pensyariatan talak.
Referensi
‘Abidīn, Ibn, Radd al-Mukhtār ala al-Durr al-Mukhtār, Riyāḍ: Dār ‘Alam al-Kutub, 2003, Jld. IV.
Abū Zahrah, Muḥammad, al-Aḥwāl al-Syakhsiyah, Beirut: Dār al-Fikr al-‘Arabī, t.t.
Ali Imron, Kedudukan Wanita Dalam Hukum Keluarga, Semarang: Badan Penebit UNDIP, 2007.
al-‘Arabī, Ibn, Aḥkām al-Qur`ān, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.t, Jld. 1.
Asaf A. A. Fyzee, Outlines of Muhammadan Law, London: Oxford University Press, 1955.
Al-Bajī, Sulaymān bin Khallāf, al-Muntaqā Syarḥ Muwatta’ Malik, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyah, 1999, Jld. V.
al-Bahūtī, Mansūr bin Yūnus bin Idrīs, Kasysyāf al-Qinā’ ‘an Matan al-Iqnā’, Beirut:‘Alam al-Kutub,1997, Jld. IV.
al-Bukhārī, Muḥammad bin Ismā’il, al-Jāmi’ al-Ṣaḥīḥ, Kairo: Maktabat al-Salafiyah, 1400H, Jld. III.
al-Dusūqī, Muḥammad ‘Arafah, Ḥāsyiyah al-Dusūqī ‘Ala Syarḥ al-Kabīr, Mesir: Dār al-Iḥya al-Kutub al-‘Arabiyah, t.t, Jld.II.
Fazlurrahman, Islam dan Modernitas, Bandung: Pustaka, 1995.
-----------------------------, al-Wajīz fī al-Fiqh Imām al-Syāfi’ī, Beirut: Syirkah Dār al-Arqam, 1997, Jld. II.
al-Ḥabīb bin Ṭāhir, al-Fiqh al-Mālikī wa Adillatuhu, Beirut: Muassasah al-Ma’ārif, 2005, Jld. IV.
Al-Jawzīyah Ibn Qayyīm, I’lām al-Muwaqqi’īn an Rabb al-‘Alamīn, Jeddah: Dār Ibn al-Jawzī, 1423H, Jld. I.
Al-Jurjānī, ‘Alī bin Muḥammad, Kitāb al-Ta’rifāt, Mesir: Dār al-Rayyan al-Turāth, t.t.
al-Kasānī al-Ḥanafī, Abū Bakar bin Mas’ūd, Badā`i’ al-Ṣanā`i’ fi Tartīb al-Syarā`i’, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyah, 2003, Jld. IV.
al-Maqdisī, Abdullah bin Aḥmad bin Muḥammad Ibn Qudāmah, al-Mughnī, Dār ‘Alam al-Kutub, t.t, Jld. X.
al-Māwardī, Alī bin Muhammad, al-Ḥawī al-Kabīr, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1994, Jld. X.
Muhammad Atho Mudzhar, Pengaruh Faktor Sosial Budaya terhadap Produk Pemikiran Hukum Islam, Jakarta: Logos, 1998.
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, Ciputat: Lentara Hati, 2012, Vol. 1, II & XIV.
al-Qarāfī, Syihāb al-Din, al-Furūq, Kuwait: Dār al-Nawādir, 2010, Jld. IV.
al-Qazwaynī, Muḥammad bin Yazīd, Sunan Ibn Mājah, Riyāḍ: Maktabah al-Ma’arif, 1406 H.
al-Qurtubī, Ibn ‘Abd al-Bar al-Namrī, Al-Kafī fī Fiqh Ahl al-Madinah al-Malikī, Beirut: Dār al-Kutub al-‘ilmiyah, 1992.
al-Qurṭubī, Muḥammad bin Aḥmad, al-Jāmi’ li Aḥkām al-Qur`ān, Beirut: Dār al-Fikr, 1995, Jld. XI.
al-Ramlī, Ibn Syihāb al-Dīn, Nihāyat al-Muḥtāj, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2003, Jld. VII, 1992.
Riḍā, Muḥammad Rasyīd, Tafsīr al-Manār, Kairo: Dār al-Manār, 1947, Jld. II.
al-Suyūṭī, Jalāl al-Dīn, Al-Dur al-Manthūr fi al-Tafsīr al-Ma`thūr, Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2000, Jld. I.
---------------------------, Syarḥ Sunan Ibn Mājah, (Yordania: Bayt al-Afkār al-Dawliyah, 2007
al-Syahrī, ‘Iwāḍ ibn Ḥusayn Maghram, I’tibār al-Qaṣd fi al-Ṭalāq,Mekah: Jāmi’ah Umm al-Qurā, 1422 H.
Syahrūr, Muḥammad, Al-Kitāb wa Al-Qur`ān: Qira`ah al Mu’āsirah, Beirut: Dār al-Fikr, 1994.
al-Syarakhsī, Syams al-Dīn, Kitab al-Mabṣūṭ Beirut: Dār al-Ma’rifah, 1989, Jld.VI.
al-Syarbaynī, Muḥammad bin al-Khātib, Mughnī al-Muḥtāj ilā Ma’rifat Ma’āni Alfazh al-Minhaj, Beirut: Dār al-Ma’rifat, 1997, Jld. III.
al-Syātibī, Abū Ishaq, al-Muwāfaqāt fi Uṣul al-Syariah, al-Muwāfaqāt fī Uṣūl al-Syarī’ah, Beirut: Dār al-Ma’rifah, 1996, Jld. I.
al-Zuhaylī,Wahbah, al-Fiqh al-Islāmī wa Adillatuh, Beirut: Dār al-Fikr al-Mu’āṣir, 2014, Jld. VII.
------------------------, Tafsīr al-Munīr, Damaskus: Dār al-Fikr, 2009 Jld. I.