Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research), untuk mengatasi permasalahan keaktifan belajar pada pembelajaran fisika di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X Listrik SMK Negeri 6 Takalar semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, jurnal harian dan angket terhadap respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fisika dapat meningkatakan keaktifan belajar peerta didik, seperti 1) peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan peserta didik lain pada siklus 1 sebesar 65,53% menjadi 82,57 % pada siklus II, 2) peserta didik aktif dalam kegiatan diskusi selama proses pembelajaran dari siklus I sebesar 65,52% mengalami peningkatan menjadi 77,64 % pada siklus II, 3) peserta didik berani mengajukan pertanyaan dari 45,83% menjadi 66,29% pada siklus II, 4) Berani menanggapi pertanyaan pada siklus I sebesar 46,97 % menjadi 68,18 % paad siklus II, 5) Peserta didik mampu menyelesaikan masalah pada siklus I sebesar 58,71% menjadi 74,24% pada siklus II.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitan Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono, Anton M. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusman. (2008). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Garafindo Permai.
Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Savery, J.R. (2006). Overview of PBL Definition and Distinictions. Interdisciplinary journal of problem-based Learning.IJBPL, Vol 1, 1.
Sudjana, Nana. (2006). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendakatan Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung : Alfabeta
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]