Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Irmawati Irmawati SMK Negeri 6 Takalar
    (ID)
  • Suarti Suarti UIN Alauddin Makassar
  • Nurlina Nurlina SMK Negeri 9 Makassar
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan Belajar

Abstrak

Penelitian   ini   merupakan   penelitian   tindakan   kelas (Classroom   action research),    untuk    mengatasi    permasalahan    keaktifan belajar    pada pembelajaran  fisika  di  kelas.  Subyek  penelitian  yang  digunakan  adalah peserta  didik  kelas  X  Listrik  SMK  Negeri  6  Takalar  semester  genap  tahun ajaran 2015/2016  yang  berjumlah 22 peserta didik. Penelitian  ini  dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang  diberikan.  Teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  menggunakan lembar  observasi,  jurnal  harian  dan  angket  terhadap  respon  peserta  didik. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  pembelajaran  dengan menggunakan  model  pembelajaran  berbasis  masalah  pada  mata  pelajaran fisika dapat meningkatakan keaktifan  belajar peerta didik, seperti 1) peserta didik  memperhatikan  penjelasan  guru  dan  peserta  didik  lain  pada  siklus  1 sebesar 65,53% menjadi 82,57 % pada siklus II, 2) peserta didik aktif dalam kegiatan  diskusi  selama  proses  pembelajaran  dari  siklus  I  sebesar  65,52% mengalami  peningkatan  menjadi  77,64  %  pada  siklus  II,  3)  peserta  didik berani  mengajukan pertanyaan dari 45,83%  menjadi 66,29% pada siklus II, 4)  Berani  menanggapi  pertanyaan  pada  siklus  I  sebesar  46,97  %  menjadi 68,18  %  paad  siklus  II,  5)  Peserta  didik  mampu  menyelesaikan  masalah pada siklus I sebesar 58,71% menjadi 74,24% pada siklus II.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitan Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono, Anton M. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. (2008). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Garafindo Permai.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Savery, J.R. (2006). Overview of PBL Definition and Distinictions. Interdisciplinary journal of problem-based Learning.IJBPL, Vol 1, 1.

Sudjana, Nana. (2006). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendakatan Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung : Alfabeta

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Diterbitkan
2021-04-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 795 times