Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT Menggunakan Media Pebelajaran Rolling Ball Game Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas XI Madrasah Arifah Gowa

  • Andi Ferawati Jafar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Cooperative Learning, Media Pembelajaran, Rolling Ball Game

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   hasill   belajar   peserta   didik   dengan menggunakan    model    cooperative    learnimg    tipe    NHT    menggunakan    media pembelajaran rolling ball game terhadap  hasil belajar pada kelas XI Madrasah  Arifah Gowa.  Adapun  metode  penelitian  yang  digunakan  yaitu  quasi  eksperimen  dengan Nonequivalenent   control   grup   design.   Sampel   penelitiian   ini   adalah   kelas   XI.1 sebanyak 32 orang dan XI.2 sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan   tes   hasil   belajar   berupa   soal   pilihan ganda. Metode   statistik menggunakan   analisis   deskriptif,   analisis   inferensial,   uji   homogenitas   dan   uji hipotesis.  Berdasarkan  hasil  perhitungan  menggunakan  uji  t-2  sampel  independent dengan  menggunakan  IBM  SPSS  v.20  diperolehnilai  t_hitung  sebesar  4,838  dan  t tabel yang dicari dengan mengacu pada rumus (α/2) ; (df) sama dengan (0,05/2) ; (57). Sehingga didapatkan nilai t tabelnya pada distirbusi nilai t tabel statistik yang besarnya 2,002 dengan demikian nilai t hitung sebesar 4,838 > t tabel 2,002 ,  maka berdasarkan pengambilan  keputusan  melalui  perbandingan  nilai  t  htiung  dengan  t  tabel,  dapat disimpulkan  bahwa  H0  ditolak  dan  H1  diterima,  yang  berarti  ada  perbedaan  hasil belajar  fisika  antara  kelas  kontrol  dan  eksperimen  atau  dengan  kata  lain  penerapan model  ceramah  dengan  model  cooperative  learning  tipe  NHT  menggunakan  media pembelajaran  rolling  ball  game  akan  menghasilkan  hasil  belajar  fisika  yang  berbeda. Implikasi  penelitian  ini  yaitu  diharapkan  agar  pendidik  dapat  menerapkan  model cooperative  learningtipe  NHT  menggunakan  media  pembelajaran  rolling  ball  game sebagai  salah  satu  alternatif  dalam  proses  belajar  mengajar  untuk  meningkatkan  hasil belajar peserta didik

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Dayuani, Rambe., dan Abdul, Hakim. 2012. Perbedaan Hasi Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dan Model Konvensional Pada Materi Besaran Dan Satuan”Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 NO. 2. 8.

Faridah, A.S.2012 Pengaruh Model Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 18 Medan. Medan:Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1 No.1, 36-37.

Hery,Kresnadi., dkk. 2017.Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Ipa di Sekolah Dasar, 5.

Prof. Dr. Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv,Edisi Kedua, Cetakan Ke-1 September, 131-135.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta), 207.

S. Shopia, Sugisnto, Wiyanto. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah Pada Pembelajaran Sains Fisika Untuk Siswa Smp, Semarang: Jurnal pendikan Fisika Indonesia 5, 14

Widya Wati Dan Rini Fatimah. 2016. Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-Biruni’ 05 (2). 214.

Diterbitkan
2021-10-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 261 times