Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT Menggunakan Media Pebelajaran Rolling Ball Game Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas XI Madrasah Arifah Gowa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasill belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative learnimg tipe NHT menggunakan media pembelajaran rolling ball game terhadap hasil belajar pada kelas XI Madrasah Arifah Gowa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan Nonequivalenent control grup design. Sampel penelitiian ini adalah kelas XI.1 sebanyak 32 orang dan XI.2 sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Metode statistik menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-2 sampel independent dengan menggunakan IBM SPSS v.20 diperolehnilai t_hitung sebesar 4,838 dan t tabel yang dicari dengan mengacu pada rumus (α/2) ; (df) sama dengan (0,05/2) ; (57). Sehingga didapatkan nilai t tabelnya pada distirbusi nilai t tabel statistik yang besarnya 2,002 dengan demikian nilai t hitung sebesar 4,838 > t tabel 2,002 , maka berdasarkan pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai t htiung dengan t tabel, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada perbedaan hasil belajar fisika antara kelas kontrol dan eksperimen atau dengan kata lain penerapan model ceramah dengan model cooperative learning tipe NHT menggunakan media pembelajaran rolling ball game akan menghasilkan hasil belajar fisika yang berbeda. Implikasi penelitian ini yaitu diharapkan agar pendidik dapat menerapkan model cooperative learningtipe NHT menggunakan media pembelajaran rolling ball game sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dayuani, Rambe., dan Abdul, Hakim. 2012. Perbedaan Hasi Belajar Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Dan Model Konvensional Pada Materi Besaran Dan Satuan”Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 NO. 2. 8.
Faridah, A.S.2012 Pengaruh Model Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 18 Medan. Medan:Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1 No.1, 36-37.
Hery,Kresnadi., dkk. 2017.Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Ipa di Sekolah Dasar, 5.
Prof. Dr. Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA, cv,Edisi Kedua, Cetakan Ke-1 September, 131-135.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta), 207.
S. Shopia, Sugisnto, Wiyanto. 2009. Pembiasaan Bekerja Ilmiah Pada Pembelajaran Sains Fisika Untuk Siswa Smp, Semarang: Jurnal pendikan Fisika Indonesia 5, 14
Widya Wati Dan Rini Fatimah. 2016. Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-Biruni’ 05 (2). 214.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]