ANALISA KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALUR MERDEKA MATA KULIAH FISIKA DASAR MATERI KAPASITOR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengukur keterampilan kolaborasi yang muncul pada ranah pengetahuan, keterampilan dan afektif. Pembelajaran dengan pendekatan alur merdeka, akronim dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. Metode penelitian menggunakan metode deskripitif bertujuan untuk untuk menjawab atau menggambarkan keadaan keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan fisika universitas PGRI Silampari kota Lubuklinggau yang diajarkan dengan alur merdeka. Objek penelitian adalah 25 mahasiswa semester satu yang mengambil mata kuliah fisika dasar semester ganjil periode 2022/2023. Instrumen penelitian berupa tes ranah pengetahuan dan non tes berupa ranah keterampilan dan sikap. Instrumen berupa tes dan non tes diagnosis keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data deskriptif bertujuan untuk menjelaskan data yang telah diperoleh setelah pengambilan data keterampilan kolaborasi pada seluruh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi pada ranah pengetahuan 72,5% mahasiswa paham konsep dan dan 27,5% mengalami kesulitan dalam analisa perhitungan matematika dalam mencari besaran yang diukur. Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi mahasiswa pada ranah keterampilan 45% mahasiswa terampil sesuai harapan, 25% terampil dan 20% mulai terampil dan 10% mahasiswa belum terampil. Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi pada ranah sikap menunjukan 53,75% mahasiswa berkembang sesuai harapan, 18,75% berkembang dan 27,5% mulai berkembang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]