ANALISA KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALUR MERDEKA MATA KULIAH FISIKA DASAR MATERI KAPASITOR

  • yaspin yolanda Universitas PGRI Silampari
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengukur keterampilan kolaborasi yang muncul pada ranah pengetahuan, keterampilan dan afektif. Pembelajaran dengan pendekatan alur merdeka, akronim dari mulai dari dirieksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbingdemonstrasi kontekstualelaborasi pemahamankoneksi antar materi, dan aksi nyata. Metode penelitian menggunakan metode deskripitif bertujuan untuk untuk menjawab atau menggambarkan keadaan keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan fisika universitas PGRI Silampari kota Lubuklinggau yang diajarkan dengan alur merdeka. Objek penelitian adalah 25 mahasiswa semester satu yang mengambil mata kuliah fisika dasar semester ganjil periode 2022/2023. Instrumen penelitian berupa tes ranah pengetahuan dan non tes berupa ranah keterampilan dan sikap. Instrumen berupa tes dan non tes diagnosis keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data deskriptif bertujuan untuk menjelaskan data yang telah diperoleh setelah pengambilan data keterampilan kolaborasi pada seluruh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi pada ranah pengetahuan 72,5% mahasiswa paham konsep dan dan 27,5% mengalami kesulitan dalam analisa perhitungan matematika dalam mencari besaran yang diukur. Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi mahasiswa pada ranah keterampilan 45% mahasiswa terampil sesuai harapan, 25% terampil dan 20% mulai terampil dan 10% mahasiswa belum terampil. Rata-rata capaian keterampilan kolaborasi pada ranah sikap menunjukan 53,75% mahasiswa berkembang sesuai harapan, 18,75% berkembang dan 27,5%  mulai berkembang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-04-26
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 75 times