Analysis of Understanding Concepts and Obstacles to Understanding Concepts of Thermodynamics in Physics Lessons
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan dan kendala pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar terhadap materi termodinamika dalam pelajaran fisika.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian 30 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner dengan berisi tentang pertanyaan konsep-konsep termodinamika.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dikategorikan sedang dalam hal pemahaman konsep materi Termodinamika pada pelajaran fisika dengan hasil persentase sebesar 50 %. (2) Kendala yang paling tinggi dialami siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dalam pemahaman konsep materi termodinamika pelajaran fisika adalah kurangnya sumber daya pendukung seperti buku teks atau materi belajar tambahan yang mengakibatkan termodinamika sulit dimengerti oleh siswa dengan hasil persentase sebesar 80%. (3) Konsep termodinamika yang paling sulit dipahami oleh siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar pada materi termodinamika adalah siswa sulit memahami rangkaian siklus carnot yang ditunjukkan dalam sebuah grafik dengan hasil persentase sebesar 63,3 %.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]