Analysis of Understanding Concepts and Obstacles to Understanding Concepts of Thermodynamics in Physics Lessons

  • Jelita Anggriani Pandiangan Universitas Negeri Medan
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan dan kendala pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar terhadap materi termodinamika dalam pelajaran fisika.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian 30 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner dengan berisi tentang pertanyaan konsep-konsep termodinamika.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dikategorikan sedang dalam hal pemahaman konsep materi Termodinamika pada pelajaran fisika dengan hasil persentase sebesar 50 %. (2) Kendala yang paling tinggi dialami siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar dalam pemahaman konsep materi termodinamika pelajaran fisika adalah kurangnya sumber daya pendukung seperti buku teks atau materi belajar tambahan yang mengakibatkan termodinamika sulit dimengerti oleh siswa dengan hasil persentase sebesar 80%. (3) Konsep termodinamika yang paling sulit dipahami oleh siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar pada materi termodinamika adalah siswa sulit memahami rangkaian siklus carnot yang ditunjukkan dalam sebuah grafik dengan hasil persentase sebesar 63,3 %.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-11-19
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 0 times