PENCIPTAAN ADAM DALAM NARASI HADIS
Abstract
Adam as. tercipta dari segenggam tanah yang diambil dari seluruh unsur-unsur tanah sehingga keturunannya berpotensi memiliki warna kulit yang berbeda dan karakter yang berbeda. Hanya satu hadis yang menjelaskan bahwa setelah Adam as. dibentuk dari tanah, ia kemudian dibiarkan hingga kering. Di samping itu, hadis juga mengindikasikan bahwa manusia tidak mengalami evolusi dari satu bentuk/jenis makhluk ke bentuk/jenis yang lain, akan tetapi manusia hanya mengalami perubahan ukuran fisik saja. Proses penciptaan Adam as., mulai dari turab berubah menjadi tin, berubah menjadi hama’in masnun dan akhirnya menjadi salsal diberitakan oleh al-Qur’an, sehingga penggabungan informasi yang ditemukan dalam al-Qur’an dan hadis menguatkan tentang proses penciptaan tersebut. Jadi, teori evolusi yang selama ini diyakini sebagian orang sebagai hal yang benar masih membutuhkan penelitian lebih mendalam, karena nyatanya saat ini, teori tersebut masih sebuah penelitian yang belum mampu dibuktikan keabsahannya, bahkan kelemahan-kelemahan yang ditemukan semakin membuktikan akan kelemahan teori Charles Darwin cs.
Downloads
References
Abadi, Abu al-Tayyib Muhammad Syams al-Haq al-‘Azim, ‘Aun al-Ma‘bud. Cet. II; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1415 H.
Abu Daud, Sulaiman ibn al-Asy‘as al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
Ahmad, Arifuddin, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi. Cet. I; Jakarta: Renaisan, 2005 M.
Al-Asabahi, Abu ‘Abdillah Malik ibn Anas, Muwatta’ Malik. Mesir: Dar Ihya’ al-Turas al-‘Arabi, t.th.
Al-‘Asqalani, Abu al-Fadl Ahmad ibn ‘Ali ibn Hajar, Fath al-Bari. Beirut: Dar al-Ma‘rifah, 1379 H.
____________, al-Isabah fi Tamyiz al-Sababah. Cet. I; Beirut: Dar al-Jail, 1412 H.
____________, Lisan al-Mizan, Cet. III; Beirut: Muassasah al-A‘lami li al-Matbu‘at, 1406 H./1986 M.
____________, Tahzib al-Tahzib, Cet. I; Beirut: Dar al-Fikr, 1404 H./1984 M.
Azra, Ayzumardi. dkk., Ensiklopedi Islam, Cet. I; Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve, 2005.
Al-Baji, Abu al-Walid Sulaiman ibn Khalaf, al-Ta‘dil wa al-Tajrih, Cet. I; al-Riyad: Dar al-Liwa’, 1406 H./1986 M.
Al-Baqi, Muhammad Fuad ‘Abd, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-Karim, al-Qahirah: Dar al-Kutub al-Misriyah, 1364 H.
Al-Bagdadi ,Abu Bakar Ahmad ibn ‘Ali al-Khatib, Tarikh Bagdad, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th.
Al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Isma‘il, Sahih al-Bukhari, Cet. III; Beirut: dar Ibn Kasir, 1407 H./1987 M.
Al-Dahlawi, ‘Abd al-Haqq ibn Saif al-Din ibn Sa‘dullah, Muqaddimah fi Usul al-Fiqh, Cet. II; Beirut: Dar al-Basyair al-Islamiyah, 1406 H./1986 M.
Al-Manawi, Muhammad ‘Abd al-Rauf, Faid al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Sagir, Cet. I; Mesir: al-Maktabah al-Tijariyah al-Kubra, 1356 H.
Al-Manawi, Muhammad ‘Abd al-Rauf, al-Tauqif ‘ala Muhimmat al-Ta‘arif. Cet. I; Beirut: Dar al-Fikr al-Mu‘asir, 1410 H.
Matdawam, Drs. M. Noor. Manusia, Agama dan Kebatinan, Cet. V; Yogyakarta: Bina Karier, 1999.
Al-Mizzi, Abu al-Hajjaj Yusuf ibn al-Zaki, Tahzib al-Kamal, Cet. I; Beirut: Muassasah al-Risalah, 1400 H./1980 M.
Al-Mubarakfuri, Abu al-‘Ala Muhammad ‘Abd al-Rahman ibn ‘Abd al-Rahim, Tuhfah al-Ahwazi, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, t.th.
Al-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj, Sahih, Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-‘Arabi, t.th.
Al-Nasai, Abu ‘Abd al-Rahman Ahmad ibn Syu‘aib, Sunan al-Nasai, Cet. II; Halab: Maktab al-Matbu‘at al-Islamiyah, 1406 H./1986 M.