AL-JABIRI DAN KRITIK NALAR ARAB (Sebuah Reformasi Pemikiran Islam)
Abstract
Al-Jabiri adalah seorang Filosof lahir di Figuib, sebelah selatan Maroko pada tahun 1936, dan pendidikannya dimulai dari tingkat Ibtidaiyah kemudian ia melanjutkan di sekolah menengah dari tahun 1951-1953 di Casablanca dan memperole Diploma Arabic high School setelah Maroko merdeka. Pendidikan filsafatnya dimulai tahun 1958 di Universitas Damaskus Syiria. Beliau dianggap sebagai pemikir Arab kontemporer, dan tokoh penganut aliran reformistik yang cenderung memakai metode pendekatan dekonstruktif dalam membaca turats dan modernitas. Kritik Nalar Arab oleh al-Jabiri disebabkan ketidak puasan hati membaca diskursus pemikiran Arab dalam masa seratus tahun yang lampau yang tidak menampakkan hasil yang difinitif, membawa pemikiran Arab ke arah yang dinamis dan modernis, sebagaimana yang terjadi di Barat. Al-Jabiri menawarkan tiga metodologi epistemologis yaitu bayani yang bersifat teks, irfani yang bersifat intuisi dan burhani yang bersifat rasional. Ketiga epistemologi tersebut di atas dipersiapkan oleh al-Jabiri sebagai solusi dalam menghadapi modernitas Barat
Downloads
References
Adonis, Ats-tsabit wa al-Muhawwil : Bahts fi al-Ibda wa al-Itba ‘inda Arab diterjemahkan oleh Khoirun Nahdiyyin dengan judul : Arkelogi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam, cet I. Yogyakarta : LKis, 2007.
Assyaukanie, Lutfi. “Tipologi Dan Wacana Pemikiran Arab Kontemporer” artikel diakses tanggal 22 September 2007 http://media.isnet.org/islam/Paramadina/Jurnal/Arab2.html.
Aunul Abied Shah, Muhammad dan Sulaiman Mappeasse dalam Kritik Akal Arab : Pendekatan Epistemologis terhadap Trilogy Kritik Al-Jabiri dalam Muhammad Aunul Abied Syah dkk,,Islam Garda Depan Mosaik pemikiran Islam Timur Tengah Bandung : Mizan, 2001
A Partanto, Pius dan M. Dahlan al-Barry, Kamus Ilmiyah Populer, Surabaya : Penerbit Arkola, 2001
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar bahasa Indonesia, cet III, cet III Jakarta : Balai Pustaka, 1990
Dewan Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, cet 4 Jakarta : Ikhtiar Baru Van Houve, 1997
Wijaya Aksin. Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan; Kritik Atas Nalar Tafsir Gender Yogyakarta : Safiria Insania Press, 2004
Aunul Abied Shah, Muhammad dan Sulaiman Mappeasse dalam Kritik Akal Arab : Pendekatan Epistemologis terhadap Trilogy Kritik Al-Jabiri dalam Muhammad Aunul Abied Syah dkk,,Islam Garda Depan Mosaik pemikiran Islam Timur Tengah Bandung : Mizan, 2001
Al-Jabiri, Abid Muhammad. Takwin al-‘Aql al-Arabiy,cet IV Beirut : al-Markaz al-Sakafi al-‘Arabiy, 1991
------------, Muhammad Post Tradisionalisme Islam, cet I, Yogyakarta : LKiS Yogyakarta, 2000.
------------, Arab-Islamic Philosofhy : a Conemporary, diterjemahkan oleh Moch Nur Ichwan dengan judul Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, cet I Jakarta : Futuh Printika, 2003
-----------, Bunya al-Aql al-‘Arabi, Dirasah Tahliliyah Naqdiyah linazmi al-Ma’rifah fi al-Tsaqafah al-‘Arabiyah, ttp : al-Markaz al-Tsaqafah al-‘Arabi
Hanafi, Hasan. Muhammad Aded al-Jabiri, Hiwar al-Masyriq wa al-Maghrib : Talihi Silsilah al-Rudud wa al-Munaqasat, diterjemahkan oleh Umar Bukhory dkk dengan judul Membunuh Syetan Dunia Meleburkan Timur dan Barat dalam cakrawala Kritik dan Dialog, Pengantar Faishal Jalul, cet I Yogyakarta : IRCiS, 1990.
Harmaneh, Walid. “Kata Pengantar”, dalam Mohammad ‘Abed al-Jabiri, Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, Alih bahasa : Moch Nur Ichwan Yogyakarta : Islamika, 2003.
Nasution,Harun. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, cet I, Jakarta : Universitas Indonesia Press, 1987
Saliba, Jamil. Mu’jam al-Falsafi bi al-Fazhi al-‘Arabiyah wa al-Faransiyah wa al-Injiliziyah wa al-Latiniyah, juz I, al-Qahirah : Dar al-kitab al-Misriyah, t.th.
Wijaya Aksin. Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan; Kritik Atas Nalar Tafsir Gender Yogyakarta : Safiria Insania Press, 2004
Ziyadah, Muin dkk. al-Mausu’ah al-Falsafah al-Arabiyah, jid I, cet I t.tp : Ma’had al-Inmai al-Arabiy, 1986.
Zulkarnain “Pemikiran Kontemporer Muhammad Abid al-Jabiri tentang Turas dan hubungan Arab dan Barat”, artikel yang diakses tanggal 15 Januari 2009