FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Abstract
Pancasila dengan sistem pendidikan ditinjau dari filsafat pendidikan, bahwa Pancasila pandangan hidup bangsa yang menjiwai dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, sistem pendidikan nasional Indonesia wajar apabila dijiwai, didasari, dan mencerminkan identitas Pancasila. Cita dan karsa bangsa Indonesia diusahakan secara melembaga dalam sistem pendidikan nasioanl yang bertumpu dan dijiwai oleh suatu keyakinan, pandangan hidup dan filosofi tertentu. Inilah dasar pikiran mengapa filsafat pendidikan Pancasila merupakan tuntutan nasional dan sistem filsafat pendidikan Pancasila adalah sub sistem dari sistem negara. Pancasila. Dengan memperhatikan fungsi pendidikan dalam membangun potensi bangsa, khususnya dalam melestarikan kebudayaan dan kepribadian bangsa yang ada pada akhirnya menentukan eksistensi dan martabat bangsa, maka sistem pendidikan nasional dan filsafat pendidikan pancasila seyogyanya terbina secara optimal supaya terjamin tegaknya martabat dan kepribadian bangsa. Filsafat pendidikan Pancasila merupakan aspek rohaniah atau spiritual sistem pendidikan nasional, tiada sistem pendidikan nasional tanpa filsafat pendidikan.Downloads
References
Azhary. Negara Hukum, Suatu Studi Tentang Prinsip-Prinsipnya, Dilihat Dari Masa Kini. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
Chozin, Muhammad Ali. “Peran Asas Tunggal Pancasila Dalam Membendung Gerakan Ideologi Islam Garis Keras.” Jurnal Islam-Indonesia 1, no. 1 (2015). http://jurnal-islam-indonesia.isif.ac.id/index.php/Jurnal-Islam-Indonesia/article/view/19.
Darmodiharjo, Darji. Sanaji Pancasila. Surabaya: Susana Offset Print, 1991.
Gunawan, Indra, and Ayu Vinlandari Wahyudi. “The Function of Pancasila As a Philosophy in Indonesian Science Education.” Tatar Pasunda, Jurnal Diklat Keagamaan XIV, no. 2 (2020): 209–18. https://doi.org/https://doi.org/10.38075/tp.v14i2.109.
Husaini, Adian. Pancasila Bukan Untuk Menindas Hak Konstitusional Umat Islam. Kesalahpahaman Dan Penyalahpahaman Terhadap Pancasila 1945-2009. Jakarta: Gema Insani Press, 2009.
Latif, Yudi. Negara Paripurna, Historisitas, Dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia, 2011.
Ridwan, MK. “Penafsiran Pancasila Dalam Perspektif Islam: Peta Konsep Integrasi.” Dialogia 15, no. 2 (2017): 199. https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i2.1191.
Ruslan, Idrus. “Membangun Harmoni Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Dengan Nilai Islam Dalam Pancasila.” TAPIs 2, no. 2 (2013). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tps.v9i2.1512.
Semadi, Yoga Putra. “Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 2 (2019). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286.
Sukardja, Ahmad. Piagam Madinah Dan UndangUndang Dasar NRI 1945, Kajian Perbandingan Tentang Dasar Hidup Bersama Dalam Masyarakat Yang Majemuk. Jakarta: Sinar Grafika, 2012.
Syarbaini, Syahrial. Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila. Cet. I. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Syarbaini, Syahrial. Pendidikan Pancasila (Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa) Di Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Winamo. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Yassa, Sunarni. “Pendidikan Pancasila Ditinjau Dari Perspektif Filsafat (Aksiologi).” Citizenship 1, no. 1 (2018). http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.10442.
Zoelva, Hamdan. “Relasi Islam, Negara Dan Pancasila Dalam Perspektif Tata Hukum Indonesia.” De Jure 4, no. 2 (2015). https://doi.org/10.18860/j-fsh.v4i2.2980.