FORMULASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S ALI IMRAN AYAT 110
Abstract
Pendidikan Islam adalah upaya sistematis untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam yang tercantum dalam al-Qur’an dan sunnah Rasulullah saw., selanjutnya mengimplementasikan dalam kehidupan nyata menuju khaira ummah (umat terbaik) dari umat-umatnya sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Ali Imran/3: 110.
Setidaknya adalah keutamaan umat Islam dari umat yang lain sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Ali Imran/3: 110, yaitu senantiasa memerintahkan kepada makruf, menecegah dari perbuatan mungkar dan beriman kepada Allah swt. dengan iman yang kuat dan benar. Ketiga hal itulah yang menjadi daya dorong yang sangat kuat bagi umat Islam untuk tampil di tengah-tengah masyarakat untuk berjuang menegakkan kebenaran yang melahirkan humanisasi berupa terwujudnya nilai-nilai kebaikan dan kemanusiaan dalam kehidupan individu dan kelompok, liberasi berupa kebebasan yang bertanggung jawab melakukan kebaikan dan menghindari kemungkaran, dan semua itu dilakukan di atas prinsip transendesi berupa kesadaran ketuhanan, yang digambarkan sebagai iman yang benar dan kokoh.Downloads
References
Abd. Malik, Wello, Filsafaf Ilmu Pengetahuan Perspektif Islam. Makassar, Alauddin University Press, 2011
Agama,Kementerian,RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta, PT. AdhiAksaraAbadi Indonesia,2011.
Ali, Asghar, Engineer, Islam dan Teologi Pembebasan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar,,2009
Ash Shadr, M. Baqir, Tuhan, Utusan, dan Risalah Argumen Induksi Konsep Dasar Agama. Yogyakarta, JaringanAktivisFilsafat Islam (JAKFI), 2011.
Asseghaf, Abd.Rahman, Pendidikan Islam Integratif. Yokyakarta, PustakaPelajar,cetakan II 2010.
Biyanto, Filsafat Ilmu dan Ilmu Keislaman, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2015
Daradjat, Zakiah, dkk., Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Farida Hamid, Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Surabaya, Appollo Lestari, 2002
Freire, Paulo, Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, danPembebasan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 1999, 2004 , 2007.
Graham, Gordon, Teori-teori Etika. Bandung, Nusa Media, 2014
Hamka, Tafsir Al-Azhaar. Jakarta, PT. Pustaka Panjimas, 1987
Iqbal, Muhammad, Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Islam. Jogjakarta, Lazuardi, 2002.
Katsir, Ibnu, Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta, Pustaka Ibnu Katsir, 2011
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta, PT. Adhi Aksara Abadi Indonesia, 2011.
Kementerian Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008
Khaldun, Ibn, Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta Timur, Pustaka Al-Kautsar,2001.
Kuntowijoyo, Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi. Bandung, PT. MizanPustaka, 2008.
Kurnia, MR, Mereformasi Diri Dengan Tauhid. Bogor, Al Azhar Press, 2003
Muthohhari, Murtadho, Membumikan Kitab Suci, Manusia Dan Agama. Jakarta, Mizan, 2007.
Nata, Abudddin, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta, PT Raja GrafindoPersada, 2012.
Qodir, Zuly, Islam Liberal Paradigma Baru Wacana dan Aksi Islam Indonesia. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2003
Quthub, Sayyid, Tafsir Fii Zilalil Qur’an. Jakarta, Gema Insani,2008
Rahman,Abd., Getteng, Pendidikan Islam Dalam Pembangunan. Ujungpandang, Yayasan Al- Ahkam,1997
RI Depag, Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jakarta, PustakaIlmu, 1994
Sadra, Mulla, Menuju Kesempurnaan, Persepsi dalam Pemikiran. Makassar, Safinah, 2003
Shihab, M. Quraish, Menabur Pesan Ilahi, Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat. Jakarta Selata, LenteraHati, 2006
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah. Jakarta, LenteraHati, 2011
Stuart, Jhon, Mill, On Liberty Perihal Kebebasan. Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2005
Sumarlin, “PerspektifPendidikan Islam Tentang Islamisasi Ilmu Pengetahuan Dalam Meretas Dualisme Pendidikan”. (Skripsi program SarjanaFakultas agama Isla m Universitas Indonesia timur Makassar, Makassar, 2008)
SutrisnoHadi, MetodePenelitian. Yogyakarta, Fak. Psikologi UGM, 1997
Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan MenemukanKembali Pendidikan Yang manusiawi. Jakarta, BumiAksara, 2010
http://ulumulislam.blogspot.co.id/2014/04/pengertian-al-quran-menurut-bahasa.html#.WQC0NGmGPIU