PERSEPSI SISWA SMP UNISMUH MAKASSAR TERHADAP TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA

  • Indah Rahayu Nadir M. Saleh
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana Persepsi Siswa Siswa SMP Unismuh Makassar terhadap Toleransi Antarumat Beragama. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologis-teologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Siswa SMP Unismuh Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara lisan (dialog) dan tulisan, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, menjelaskan, menggambarkan, dan penarikan kesimpulan. Toleransi merupakan sikap manusia sebagai umat yang beragama dan mempunyai keyakinan untuk menghormati dan menghargai pandangan keagamaan manusia yang beragama lain. Untuk mewujudkan sikap toleran di kalangan terdidik diperlukan pemahaman agama yang baik pula, dan diperlukan peran orang tua, guru, serta peran mubaligh dalam menyampaikan nasihat dan dakwah yang sesuai dengan teks-teks keagamaan secara kontekstual. Sehingga masyarakat, khususnya para anak didik dapat menjalankan agamanya secara benar, damai, dan toleran. Apabila toleransi ditinjau dari pemahaman siswa, maka akan diketahui seberapa penting toleransi ini direfleksikan dalam kehidupan siswa sebagai umat yang beragama, sehingga tradisi Islam secara substansi akan sendirinya termanifestasi terhadap pandangan-pandangan toleran. Karena inti dari toleransi yakni rasa hormat terhadap umat beragama lain serta tidak diskriminatif pada umat tertentu sebagai upaya kesadaran persamaan hak dan nilai-nilai pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya

Ali, Mukti. Islam Mazhab Cinta. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2015.

Al-Munawar, Said Aqil Husin. Fiqih Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Anam Che, Munir. Muhammad SAW & Karl Marx, Tentang Masyarakat Tanpa Kelas, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Armstrong, Karen. Fields Of Blood, Mengurai Sejarah Hubungan Agama dan Kekerasan, Penterjemah Yuliani Liputo, Mizan Pustaka, 2017.

Assegaf, Abd Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Hasyim, Umar. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama. Surabaya: Bina Ilmu, 1979.

Gassing, H. A. Qadir dan Wahyuddin Halim. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Alauddin Press 2008.

Ghafur Abdul, Waryono. Persaudaraan Agama-agama, Millah Ibrahim dalam Tafsir Al-Mizan. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2016.

Gulo, W. Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo, 2007.

Hasyim, Umar. Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama. Surabaya:Bina Ilmu, 1979.

Hidayatullah, Syarif. Islam, Isme-isme Aliran dan Paham Islam di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Madjid, Nurcholis. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina, 2008.

_______, Masyarakat Religius, Membumikan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan. Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

Masduqi, Irwan, Berislam Secara Toleran, Teologi Kerukunan Umat Beragama , Cet. I, Bandung: Mizan Pustaka, 2011.

Mubarok, Achmad. Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001.

Noor, Fauz. Berpikir Seperti Nabi, Perjalanan Menuju Kepasrahan. Yogyakarta: Pustaka Sastra LKiS. 2009.

Rahman, Fazlur. Islam, Sejarah Pemikiran dan Peradaban, Penterjemah M. Irsyad Rafsadie, Mizan Pustaka, 2017.

Rumi, Jalaluddin. Fihi Ma Fihi, Mengarungi Samudera Kebijaksanaan, Penterjemah Abdul Latif, Grup Relasi Inti Media, 2017.

Shihab, M, Quraish. Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudhlui Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

http://www.uin-suka.ac.id/berita/dberita/605.

https://kbbi.web.id/persepsi.html

Published
2018-06-06
How to Cite
Nadir M. Saleh, I. R. (2018). PERSEPSI SISWA SMP UNISMUH MAKASSAR TERHADAP TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1), 1-22. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v4i1.4804
Section
Artikel
Abstract viewed = 689 times