Hubungan Perilaku Caring Dan Implementasi Keselamatan Pasien Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan Rawat Inap
Abstrak
Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien pada tahun 2020 di beberapa provinsi di indonesia menunjukkan angka kepuasan pasien 42,8% di provinsi Maluku Tengah, dan 44,4% di Sumatra Barat 58,6% dalam hal ini kepuasan pasien masih perlu di tingkatkan kembali, salah satu faktor yang mengakibatkan rendah nya kepuasan pasien adalah Implementasi keselamatan pasien dan perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan yang rendah dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien dan menimbulkan berbagai keluhan pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara perilaku caring dan implementasi keselamatan pasien dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 162 orang, dan pengumpulan data untuk masing-masing variabel menggunakan kuesioner. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji Fisher exact test diperoleh nilai p value sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara perilaku caring dengan kepuasan pasien. hasil uji statistik dengan menggunakan uji Fisher exact test diperoleh nilai p value sebesar 0,004 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara Impelementasi keselamatan pasien dengan kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku caring dan implementasi keselamatan pasien dengan kepuasan pasien di ruangan rawat inap
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andriyanti, S., & Marlena, F. (2022). Hubungan Prilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Zainal Arifin Kota Bengkulu. 2.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.
Azhari, A. (2022). Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien melalui Pelayanan Prima. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(4), 332–342.
Chirstiani, Merry., Lestiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 4(2), 6–16.
Daud, A. (2020). Sistem pelaporan dan pembelajaran keselamatan pasien nasional (SP2KPN). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127
Ferial, L., & Wahyuni, N. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan Meningkat Dengan Menerapkan Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Journal of Baja Health Science, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i01.1895
Fradisa. (2022). Hubungan Peran Dan Fungsi Kepala Ruangan Dalam Sosialisasi SPO: Identifikasi Pasien Dan Pencegahan Risiko Jatuh Terhadap Insiden Keselamatan Pasien Di Rs Taman Harapan Baru Tahun 2022. Al-Irsyad, 105(2), 79.
Gillespie, L. (2021). Getting Innovative with Patient Rounding Leads to Better HCAHPS Scores. Modern Healthcare, 51(18), 14.
Hasyim, M., & Prasetyo, J. (2012). Etika keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Bangkit.
Irfannuddin, D. R. D., KO, S., & Ked, M. P. (2019). Cara Sistematis Berlatih MenelitI: Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. PT. Rayyana Komunikasindo.
Lidya Andriani S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dansasarankeselamatan Pasien Terhadap Kepuasanpasiendirumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(1), 151–158. https://doi.org/10.33475/jikmh.v6i1.71
Mayasari, R. M. P. (2019). Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit Di Banda Aceh An Overview Of Caring Behavior Of Nurses In Hospitals In Banda Aceh. IV(2), 56–63.
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & Jamaludin. (2020). The Effect Of Quality Of Service On Inpatient Satisfaction At Izza Karawang Hospital. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097–1112.
Nurlette, N. (2022). Hubungan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rs Tk. Ii Pelamonia Makassar. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(6), 841–847.
Perry & Potter. (2009). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktek, Vol. I, Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.
Priambodo, D., & , Imram Radne Rimba Putri, S. Y. A. U. (2019). Hubungan Antara Penerapan Tindakan Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Mawar Melati Rsu Queen Latifa Yogyakarta. 1, 1–14.
Riski, M. (2021). Analisis Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsud Palembang Bari. Analisis perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD palembang bari, XII(2), 88–95.
Salwah, S. (2022). Hubungan Pengalaman Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Haji Makassar= Relationship ….
Sembiring, E., & Sinaga, R. V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2), 183–204. https://doi.org/10.54367/jmb.v22i1.1740
Shihab, M. Q. (2002a). Tafsir Al-Misbah Jilid-07. Jakarta : Lentera Hati, 568.
Shihab, M. Q. (2002b). Tafsir Al-Misbah Jilid-09.
Sukiarko, E. (2007). Pengaruh pelatihan dengan metode belajar berdasarkan masalah terhadap pengetahuan dan keterampilan kader gizi dalam kegiatan posyandu studi di kecamatan tempuran kabupaten magelang the effect of problem based training on knowledge and skills of nutrition . program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Sylvie Puspita, A. H. (2019). Hubungan Motivasi Kerja Perawat Denganperilaku Caringperawat Di Rumah Sakit Umumdaerah Jombang.
Taufiq, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 3(1), 83–92.
Tjiptono, F. (2020). Service management mewujudkan layanan prima.
Watson, J. (2008). Assessing and measuring caring in nursing and health science.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##